Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 04 Mei 2021
15 Hari Menuju Hafidz, Program Darul Huffaz DKM Al Baroqah Sudirman STKIP Tamsis Bima
Ditulis Oleh : Humas
Gambar (ist): Suasana pelaksanaan program Darul Huffaz
STKIPTSB.AC.ID | 04/05/2021 - Sebagai corong Visi Beradab dengan penguatan Iman dan Taqwa (Imraq), Dewan Keluarga Masjid (DKM) Al Baroqah Sudiran STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima telah menggulirkan sederet program. Di antaranya, adalah program Darul Huffah dimana mahasiswa didampingi untuk menghafal Alquran juz 30 pada 15 hari terakhir bulan Ramadhan. Disampaikan Ketua via Sekretaris DKM, Hasajudin, S.Pd., program tersebut telah berlangsung sejak 2015.

“Sejak tahun 2017 silam DKM Al Barokah Sudirman memiliki program Haflah (Hafalan Alquran, red) yang diberi nama Daarul Hufas. Ini dilakukan setiap se tahun sekali pada bulan suci Ramadhan,” ungkapnya pada media ini melalui whatsapp, Selasa (4/5/2021).

Disapaikannnya, sudah 5 tahun, kegiatan tersebut dijalankan, dan menghasilkan para hafizd dari kalangan civitas akademika sekolah tinggi berjuluk kampus merah itu. “Sudah lebih dari 50 orang yang mampu menghafal Alquran melalui dauroh Alquran selama 15 hari. Setelah istrahat 2 tahun, yaitu tahun 2019 dan tahun 2020, kini di tahun 2021 DKM Al Barokah Sudirman kembali mengadakan kegiatan yang dimaksud,” katanya.

Di tahun ini, lanjut pria yang akrab disapa Hasan itu, peserta yang ditargetkan hanya 10 orang dari mahasiswa. Namun antusias mahasiswi sangat tinggi demi dekat dengan Alquran. “Hingga terakhir ditutup pendaftaran 10 hari yang lalu, masih banyak pula mahasiswi yang mau ikut. Namun dikarenakan tenaga pembimbing cuman 1 orang (Nurrohiyatul Islamiyah, istri Hasan, red) hingga peserta harus dibatasi,” tukasnya.

Karena program tersebut, pendamping yang juga merupakan mahasiswa semester akhir tersebut harus menunda ujian proposal skripsinya. Hal itu dilakukan demi menggaungkan dan mendukung program Ramadhan beradab. “Hingga acara pembukaan dibuka secara resmi oleh Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si, peserta dibatasi hanya 15 orang saja. Nggak tanggung-tanggung, peserta langsung tancap gas dan hanya butuh 7 hari menyelasaikan 1 juz dari 15 hari yang ditargetkan. Sedangkan yang tahun lalu sudah hafal juz 30, kini meningkatkan hafalan di juz 29, juz 28, dan juz 27,” paparnya.

Ditambahkannya, rerata peserta berasal dari organisasi mahasiswa, LDK Al Muhajirin. “Program masih tersisa 5 hari lagi Dauroh ini. Para peserta diharuskan selesai sampai tanggal 9 Mei 2021,” tutupnya. (TSB04)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB