Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Minggu, 25 April 2021
Bersama Pemkab Bima, Tim Gemar Literasi Finalkan Titik Sasaran
Ditulis Oleh : Humas
Gambar (Humas): Peserta yang mengikuti workshop di Kantor Bappeda Kabupaten Bima, Jumat (23/4/2021)
STKIPTSB.AC.ID | 25/04/2021 – Belum lama ini, Tim Gemar Literasi dari STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima sukses membangun kemitraaan dengan Inovasi Indonesia. Untuk melangkah ke tahap berikutnya, tim yang beranggotakan enam orang itu membangun whorshop Finalisasi Sekolah dan Desa Sasaran Program di Kantor Bappeda Kabupaten Bima, Jumat (23/4/2021) lalu.

Plt. Kepala Bappeda H. Fahrudin S.Sos. M.Ap, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa strategi pelaksanaan program tersebut mencakup peningkatan literasi, numerasi dan inklusi. Hal tersebut juga merupakan program prioritas pembangunan daerah pada sektor pendidikan.

“Sejauh ini kami sudah melakukan koordinasi dengan Tim Gemar Literasi dari STKIP Taman Siswa Bima. Tahapan perencanaan di tingkat kabupaten dan provinsi sudah dilaksanakan dan masih menunggu musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas, red),” tukasnya.

Sementara itu, Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima, Zunaidin S. Sos, MM., terlihat menaruh harapan besar pada program tersebut. Menurutnya, kendala teknis yang dihadapi oleh pihaknya adalah distribusi guru. Karena, sambungnya, banyak guru yang tidak berkenan untuk ditempatkan desa-desa terluar.

“Kami berharap, titik sasaran dan wilayah untuk menjalankan program adalah di daerah 3T. Karena banyak tenaga pendidik yang butuh untuk didampingi. Sehingga, pelaksanaannya dapat terus bergulir, meski programnya telah selesai,” harapnya.

Sedangkan ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., pada kesempatannya memberikan apresiasi pada tim Gemar Literasi. Untuk menyukseskan program, ia berharap ada kerjasama dan kolaborasi yang apik antara tim, Pemkab dan Inovasi.

“Berbicara tentang literasi, tidak bisa bekerja secara sektoral, tetapi harus komunal dan bersama-sama. Paradigma aku bisa, harus diubah ke kami bisa. Sehingga harapan berupa percepatan capaian bisa dilakukan. Kata kuncinya adalah kolaborasi dan percepatan,” sampainya seraya menjelaskan tentang titik yang akan menjadi sasaran program.

“Tahun 2021 STKIP Taman Siswa bekerja di tiga Kecamatan pada 21 Sekolah Dasar dan 4 Madrasah Ibtidaiyah dan nanti ada usulan sekolah-sekolah mana yang bisa difasilitasi oleh kegiatan Gemar literasi ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, workshop tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif. Hadir saat kegiatan Plt. Kepala Bappeda, Kadis Dikbudpora, Kakan Kemenag Kabupaten Bima, Dinas Kominfo Kabupaten Bima, DPMDES Kabupaten Bima, dan perwakilan Dinas Sosbud. Manager Program, Dr. Syarifudin, S.Si., M.Pd., pada kesempatannya juga memaparkan tentang program dan titik sasaran. Kegiatan tersebut ditutup dengan penandanganan nota kesepahaman antara sejumlah pihak yang terlibat.

Sebelumnya, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Tamsis Bima yang dihadiri oleh Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., beserta sejumlah PLTK lainnya juga menadatangani MoU dengan pihak Inovasi untuk program Relawan Literasi. Penandatangan tersebut digelar 26 Maret 2021 lalu. Hadir di kegiatan yang dilaksanakan secara virtual itu Ketua Assosiasi Dosen LPTK Prof.Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc, Direktur Program INOVASI Australia, Mark Heyward, sejumlah pimpinan perguruan tinggi.. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB