Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 30 Maret 2021
Program Gemar Sasar 3 Kecamatan di Kabupaten Bima, Kerja Sampai 12 Bulan
Ditulis Oleh : Humas
Gambar (ist): Tim Gemar Literasi usai melaksanakan pelatihan di Marina Inn, belum lama ini.
TamsisBima - Program Gemar (Gerakan Masyarakat Sadar) Literasi yang berhasil dimenangkan tim dari STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima menyasar tiga kecamatan di Kabupaten Bima. Terbangunnya kemitraan antara pihak Kampus Merah dab INOVASI, memungkinkan terlaksananya tercapainya target penuntasan program. Usai penandatanganan MoU, kegiatan terhitung dilaksanakan mulai Maret 2021 sampai 12 bulan ke depan.

Wilayah sasaran program, tersebar di tiga kecamatan, yaitu Monta, Sape, dan Langgudu. Ada 21 Sekolah Dasar dan 4 Madrasa Ibtidaiyah yang terdata menjadi sasaran program. Pemilihan wilayah sasaran program berdasarkan kriteria wilayah 3T, wilayah dengan tingkat kemiskinan tinggi, kantong pekerja migran Indonesia, wilayah dengan jumlah ABK tinggi, kantong pekerja anak, dan tentu hasil analisis data penunjang lainnya secara mendalam.

“Program GEMAR Literasi ini dilakukan selama 12 bulan yang sudah dimulai pada akhir Maret 2021 dan berakhir rencana pada awal bulan Maret 2022. Program GEMAR Litersi ini miliki tujuan utama yaitu, terlaksananya program literasi dasar yang inklusif di tingkat sekolah dan desa dan terjadinya proses penguatan kapasitas kelembagaan dan hubungan antara pemerintah dgn lptk dalam program literasi dasar dan pendidikan inklusif. Dengan terlakananya program GEMAR Literasi ini dapat dapat dijadikan model untuk dicontoh pada program-program lainnya dan adapt mengibas juga sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Bima, sehingga pada akhirnya nanti semua anak SD/MI di Kabupaten Bima memiliki keterampilan literasi dasar yang berkarakter,” jelas Manager Tim, Dr. Syarifudin, S.Si., M.Pd., pada media ini melalui telepon genggamnya, Selasa (30/3/2021)

Lebih jauh, pria satu anak itu menjelaskan bahwa Program Gemar Literasi tersebut memang nama STKIP Tamsis Bima yang memenangkan tendernya. Akan tetapi, program dijalankan akademisi terbaik Kabupaten Bima yang mewakili juga beberapa Kecamatan.

“Ada yang dari kecamatan Monta Dr. Syarifudin, S.Si.,M.Pd, Kecamatan Woha Arif Hidayad, M.Pd, Kecamatan Bolo Dr. (Cand). Nanang Diana, M.Pd, Kecamatan Palibelo Mariamah, M.Pd, Kecamatan Belo Dr. Irfan, M.Pd, dan Kecamatan Sape Anisah, M.Pd. Juga ada tim lain yang tidak dapat disebut satu persatu, sehingga layak program ini disebut Program GEMAR Literasi Kabupaten Bima,” ungkap Manajer Program.

Sebagai informasi, program yang dimenang itu berawal “obrolan “29 September 2020. Dimana para pemangku kepentingan pendidikan, di antaranya perwakilan dari BAPPEDA, DIKBUDPORA, Kemenag, Dinas Sosial, Dinas Perpusda, DPMD, dan Dinas Kominfo, pengawas, kepala sekolah, guru baik SD/MI, LSM pegiat literasi, LPTK (STKIP Taman Siswa Bima), dan para pegiat literasi lainnya, difasilitasi oleh BAPPEDA Kab. Bima bersama INOVASI menjalin pertemuan dengan tema Rembuk Pendidikan Bima. Pertemuan ini berlangsung secara periodik yang pada awalnya membahas beberapa laporan hasil studi seperti PISA 2018, SLA INOVASI 2019, AKSI 2019 dan ALIBACA 2019 yang menempatkan NTB pada urutan bawah dibanding provinsi lain di Indonesia dan berdasar laporan hasil studi INAP 2017 yang menempatkan Kabupaten Bima pada urutan terendah dari Kab/kota se NTB untuk prestasi siswa dalam membaca. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB