Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 17 Februari 2021
Prodi Pend. Sejarah Kampus Merah Gelar Peningkatan Kompetensi Penelitian untuk Mahasiswa
Ditulis Oleh : Humas
Kiri ke Kanan: Kaprodi Pendidikan Sejarah, Naning, M.Pd., Edy Suparjan, M.Pd, Syahbuddin, M.Pd., Rosdiana, M.Pd, dan Dr. Syarifudin, S.Si., M.Pd
TamsisBima – Usai “menyerap” dan “menyaring” pengetahuan dan ilmu dari berbagi sumber, tiba saatnya untuk menyelesaikan studi melalui penggarapan skripsi. Setidaknya, itulah yang dibayangkan oleh mahasiswa menjelang semester yang matang. Bertujuan untuk membantu proses penelitian mahasiswa, Prodi Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima kemudian menggelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Penelitian.

Ketua Prodi Pendidikan Sejarah, Naning, M.Pd., ketika memberikan sambutan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang bergizi tersebut. “Terimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini. Terutama, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., dan pemateri. Harapannya, kegiatan yang serupa bisa terus dilaksanakan pada semester-semester berikutnya,” katanya di lokasi kegiatan, Gedung Putih STKIP Tamsis Bima, Rabu (17/2/2021).

Tujuan kegiatan pada hari ini, lanjut Naning, merupakan program yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian. Sehingga, penelitian-penelitian yang dilahirkan oleh mahasiswa Prodi Sejarah, berkualitas. “Harapannya akan lahir penelitian-penelitian yang berkualitas dari semua aspek. Topiknya bagus dan menarik, metode pengumpulan & analisis datanya shahih, bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan itulah, kenapa pihaknya menfasilitasi kegiatan pembimbingan tersebut. Baik penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Kepada mahasiswa, Naning berharap untuk tidak meyia-nyiakan kesempatan. Ia menyarankan agar mahasiswa mengikuti kegiatan hingga selesai dan menyerap semua ilmu yang disampaikan pemateri.

“Mungkin di Luar sana, kegiatan seperti ini biasanya berbayar, tapi di Prodi kita di fasilitasi secara gratis. Ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat seorang peneliti dalam diri kalian. Apalagi kalian bentar lagi akan menyusun skripsi. Jadi inilah kesempatan emas bagi kalian untuk belajar. Jangan malu bertanya pada tutor jika ada hal yang tak dipahami atau mau didiskusikan. Pemateri yang Prodi siapkan InsyaAllah adalah yang terbaik sesuai dengan kapasitas keilmuan masing-masing,” tutupnya.

Kabag Humas, Kerjasama dan Protokoler STKIP Tamsis Bima, Suratman, M.Pd.BI., yang dikonfirmasi terpisah di lingkungan kerjanya, juga menyampaikan apresiasianya. Menurut sosok yang akrab disama Om Man itu, kegiatan peningkatan kompetensi penelitian merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa yang tengah dan akan menyelesaikan skripsi. “Seyogyanya, kegiatan yang dibangun di STKIP Taman Siswa Bima merupakan kegiatan yang sangat mengedukasi mahasiswa. Ini juga sejalan dengan misi kami dalam meningkatkan semangat berliterasi,” sampainya singkat.

Untuk diketahui, kegiatan yang dihelad dari pagi hingga siang tersebut diisi oleh Dr. Syarifudin, S.Si., M.Pd dan Syahbuddin, M.Pd. Menjadi moderator adalah Edy Suparjan, M.Pd. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa internal Prodi Pendidikan Sejarah yang tengah menjalankan skripsi. Sampai selesai, kegiatan berlangsung lancer. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB