Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Senin, 17 Februari 2020
PKM Pojok Baca Kelar Dibangun dan Diresmikan Kaprodi PGSD STKIP Tamsis Bima
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Usai memberikan materi Penguatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) selama dua hari, akhirnya Pojok Baca di SDN Samili 2 karya program PKM kelar dibangun. Setelah dibangun, Pojok Baca karya tim Nunung Fatimah, M.Pd., Husnul Khatimah, M.Pd., dan Suriya Ningsih, M.Pd., kemudian diresmikan oleh Kaprodi PGSD STKIP Tamsis Bima, Mariamah, M.Pd. Ketertarikan akan program, membuat warga dan orang tua serta wali murid andil saat kegiatan.

"Kagiatan kemarin (15/2/2020, red) hanya peresmian Pojok Baca Untuk Kelas Rendah. Yaitu, kelas 1, 2 dan 3. Acara peresmian dilaksanakan pagi hari, dan diresmikan langsung oleh ketua prodi PGSD," ungkap Nunung Fatimah mewaliki timnya ketika diwawancara media ini melalui smartphonnya, Senin (17/2/2020).

Pengerjaaan dan kegiatan pembuatan Pojok Baca mulai dikerjakan sejak tanggal 12 sampai 14 Febriari 2020. Persiapannya dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan hingga desain terakhir untuk ruangan. Selesai peresmian, Tim PKM Memberikan bantuan berupa buku cerita sekitar 50 unit dan stiker motivasi untuk tiap kelas.

"Judul PKM yang kami usung, selaras dengan visi misi kampus STKIP Tamsis Bima. Tujuan dari gerakan ini sebagai bentuk pendampingan gerakan reading corner (pojok baca, red) untuk menumbuhkan minat dan budaya literasi dikalangana anak usai sekolah dasar," terang perempuan yang akrab disapa Nunung itu.

Sebelum pembuatan pojok baca, tim PKM memberikan materi Penguatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tangg 10 Februari 2020, dengan pemateri Nunung Fatimah. Peserta yang andil sebanyak 30an. Tokoh masyarakat pun ikut andil dalam kegiatan bertema literasi itu. Tahap demi tahap tim PKM juga memberikan contoh atau rancangan bagaimana membuat pojok baca yang menarik.

"Selesai GLS, TIM kemudian memberikan materi kepada seluruh guru. Mulai membentuk tim untuk kelas 1, 2 dan 3 dengan masing guru pendamping. Proses kegiatan ini luar biasa dan sangat antusias melihat kerjasama yang kompak dari peserta, mulai dari persiapan pengumpulan bahan berupa bambu, botol bekas, kerikil serta kardus bekas dan tikar," ulasnya.

Dari tim PKM juga sudah menyiapkan beberapa bahan untuk mendukung proses pembuatan pojok baca mulai dari cat tembok, stiker, kertas manila, gunting, lem, plito, kuas, spindol dan buku buku pendukung untuk anak kls 1.Tahap pengerjaan mulai tanggal 12 sampai tanggal 14 bulan 2. Dan, peresmian dilakukan tanggal 15 Februari," ulang Nunung menegaskan.

Saat kegiatan, tim mendapatkan sambutan kepala sekolah setempat. Kepada dirinya, Kasek mengaku program yang dilakukan sangat berguna bagi sekolah. Sehingga dengan hadirnya pojok baca membuat pihak sekolah bersemangat dan antusias untuk memajukan gerakan literasi.

"Semoga tim PKM tidak hanya selesai sampai di sini saja. Kami berharap juga akan ada waktu waktu lain lagi agar kerjamasama ini terus berjalan. Dan, kegiatan yang kami bangun juga dirasa selaras juga dengan program yang di rancang oleh Prodi PGSD," pungkas Nunung. (TSB05)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB