Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Senin, 17 Februari 2020
Menjamin Pendidikan Era 4.0, PKM Pemrograman MAPLE Sukses di Gelar
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) terus dilakukan oleh STKIP Taman Siswa Bima. Sebagai bukti bahwa eksistensi kampus tersebut semakin terlihat, salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim Muhammad Ghazali, M.Si., Muslim, M.Pd dan Ramdani Purnamasari, M.Hum., Sabtu, 15 Februari 2020 mengangkat tema “Pelatihan Bahasa Pemrograman MAPLE untuk Guru Matematika dan IPA SMA Sederajat di Kecamatan Belo”. Menurut Huhammad Ghazali sebagai Ketua tim, pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas guru matematika dan IPA, baik dalam kegiatan mengajar maupun saat menjelaskan materi pembelajaran. Tujuan dari pemrograman MAPLE, gar tercipta sebuah proses yang lebih maksimal dan terukur.

"Kegiatan yang kami dilakukan diawali dengan acara pembukaan, oleh Ramli, M.Pd selaku yang mewakili Ketua LPPM STKIP Taman Siswa Bima. Beliau menegaskan bahwa sinergitas antara perguruan tinggi lokal dan sekolah-sekolah harus mampu ditingkatkan guna untuk menjamin serta mengawal proses pendidikan. Karena proses pendidikan di era 4.0 harus mampu memberikan improvisasi yang berupa penguatan baik itu penguatan kompetensi guru dengan melibatkan mereka dalam hal pelitahan-pelatihan dan kegiatan pengembangan skill lainnya," papar sosok yang akrab disapa Ghazali pada media ini via aplikasi whatsapp, Senin (17/2/2020).

Untuk sambutan dari pihak SMA N 1 Belo, lanjutnya, diwakili oleh Wahyudin, S.Pd., selaku Wakasek Kesiswaan. Saat sambutan, perwakilan sekolah sasaran kegiatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua STKIP Taman Siswa Bima dan tim, karena telah memilih SMA N 1 Belo sebagai tempat pengabdian bagi dosen-dosen.

"Beliau mengakui bahwa kegiatan pengabdian semacam ini baru dilakukan oleh STKIP Taman Siswa Bima di sekolahnya. Beliau juga sangat mendukung dengan baik kegiatan ini karena hal tersebut sangat perlu untuk dijelaskan kepada guru, agar kualitas dan kapasistas sebagai guru mata pelajaran dapat lebih dimaksimalkan. Kemudian beliau berpesan kepada peserta yang hadir untuk mengikuti acara dengan serius sampai selesai dengan harapan setelah mengikuti kegiatan ini bisa diaplikasikan ke peserta didik di kelas maupun ditransferkan ke guru-guru lain yang tidak sempat hadir," paparnya.

Di samping itu, kata Ghazali, sambutan yang hangat juga diberikan oleh guru-guru lingkup SMA dan MA di Kecamatan Belo. Peserta kegiatan itu, sangat antusias dalam menerima materi yang berlangsung di dua tempat. Yaitu pembukaan di ruang guru dan proses pelatihan yaitu di laboratorium komputer dan kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 30 orang guru sebagai peserta.

"Di lab. komputer kegiatan dipandu oleh Muslim sebagai moderator, sambil membagi modul peserta diarahkan untuk mengambil posisi masing-masing di depan komputer. Kemudian acara pelatihan dibuka, hampir dipastikan semua peserta sudah membuka komputer dan aplikasi MAPLE masing-masing, maka pelatihan diserahkan kepada saya (Muhammad Ghazali, red) sebagai pemateri utama," ceritanya.

Ditambahan Muslim, kegiatan dimulai dengan penyampaian materi yang paling dasar sampai materi yang sangat kompleks. Ketika peserta mengalami kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut, anggota tim akan memandu peserta. Di akhir kegiatan, dirinya menyarankan agar semua bahasa pemrograman MAPLE dipahami dengan baik termasuk simbol-simbol dan bahasa-bahasa yang digunakan terutama bahasa Inggris.

"Kemudian meminta masukan dari peserta kaitan dengan pelatihan tersebut. Ada kesan dari peserta diantaranya bahwa kegiatan ini sangat bagus karena ada ilmu baru yang diperoleh untuk diterapkan ke peserta didik. Kemudian salah satu masukan positif dari peserta yaitu pak Ramiaji, S.Pd agar dilakukan kegiatan dalam jenis yang lain yakni semacam pelatihan penyusunan PTK, kami pun meresponnya dengan baik," tutupnya. (TSB04)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB