Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 12 Februari 2020
Literasi Berbasis Agama Dihelat Muhammad dan Tim di Desa Naru
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Literasi berbasis agama digelar oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STKIP Tamsis Bima di Desa Naru, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, baru baru ini. Kegiatan yang bertemakan, pengembangan nilai nilai qurani pada anak melalui pembentukan TPQ di Desa Naru itu diketuai oleh Muhammad M. PdI., dengan anggota Nurjumiati, M. Pd., dan Syahriani Yulianci, M.Pd.

“Tema ini diangkat karena mengingat di Desa Naru, belum memiliki TPQ. Khususnya wilayah Dusun Tani Mulya dan Dusun Perintis. Padahal adanya TPQ sangat penting, untuk menanamkan ilmu ilmu agama pada anak sejak dini. Kampus bermitra dengan pemerintahan Desa Naru,” jelas Syahriani Yulianci mewakili timnya pada media ini via aplikasi whatsapp, Rabu (12/2/2020).

Sosialisasi pembentukan TPQ dilakukan tim bersama para orang tua yang dihadiri juga tokoh agama serta tokoh masyarakat dan sejumlah dosen dari STKIP Tamsis Bima sudah dilakukan tanggal 10 Februari 2020 sore. Lokasi kegiatan, di Mushollah Al Arsy, yang sekaligus akan dijadikan lokasi TPQ. “Adanya sosialisasi terkait pembentukan TPQ sangat direspon positif oleh masyarakat setempat, ini terlihat dari tanggapan masyarakat terkait jadwal TPQ ingin dilakukan tiap hari, padahal sebelumnya kami hanya mengajukan 3 hari saja dalam seminggu,” tutur sosok yang akrab disapa Anci itu.

Untuk tahapan pengajaran, lanjutnya, akan dimulai pekan depan. Tahap pascasosialisasi yang dilakukan pihaknya adalah pendataan calon santri: Usia tingkat TK dan SD. Dalam jangka panjang kegiatan TPQ nanti akan ada wisudanya. TPQ ini juga nantinya akan segera didaftarkan agar bisa berada di bawah naungan DPK kecamatan, sampai dengan DPK pusat.

"Sambutan oleh pengurus mushollah, Ustadz Amrin mengucapkam terimakasih banyak atas kehadiran tim PKM dan rombongan dari kampus. Beliau juga berterimakasih dengan adanya kegiatan pembentukan TPQ ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat dan sangat dibutuhkan untuk masa depan anak anak," kutipnya.

Sedangkan Muhamad sebagai pemateri mengatakan bahwa menanamkan nilai nilai agama pada anak sejak dini sangatlah penting. Sebab masa depan, serta bagaimananya dunia sekarang ini tergantung dari anak anak sekarang. "Tidak ada gunanya sekolah tinggi tinggi, harta banyak, tapi tidak kita ajarkan pada anak kita tentang agama. Intinya pak muhammad memberikan motivasi pada masyarakat, serta meyakinkan masyarakat bahwa kami siap membantu serta mendampingi bapak ibu untuk membimbing anak anaknya dengan cara Mendaftrkan di TPQ Al Arsy. Kami tidak hanya mengajarkan tentang mengaji, tapi juga akan diajarkan bagaimana menulis dan mengahafal alquran. Tahap awal fokus ke juz 30 dulu," ulas Anci. (TSB05)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB