Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 12 Februari 2020
Rencanakan PKM Pelatihan Bank Sampah, Ratna dan Tim Bangun Komunikasi dengan Kades Bolo
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Upaya peningkatan literasi dan sadar lingkungan ditunjukkan STKIP Tamsis Bima melalui tema yang diusung pada pembukaan hibah internalnya. Ada 10 proposal yang dinyatakan lolos. Di antaranya adalah tim yang diketuai Ratnah, M.Pd dengan anggota Suratman, M.Pd.Bi., dan Rizalul Fiqry, S.Si., M.Pd. Tema yang diusung adalah, pelatihan pembuatan bank sampah. Sebagai tahap awal dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) tersebut, tim yang diwakili Suratman membangun komunikasi dengan desa sasaran. Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima.

“Kami telah membangun komunikasi dengan Kades Bolo belum lama ini. Tujuannya, selain untuk memaparkan rencanakan kegiatan, tapi juga untuk mendiskusikan kelompok masyarakat yang akan dilibatkan,” papar Suratman saat diwawancara media ini di ruang LPM STKIP Tamsis Bima, Rabu (12/2/2020).

Hasil komunikasi yang dibangun, PKM Pelatihan Pembuatan Bank Sampah akan dilakukan dalam waktu dekat. Untuk lokasi kegiatan, pihak Pemdes Bolo akan mengupayakan untuk mencarikan. Pasalnya, kantor desa setempat baru dilakukan pembangunan. Sehingga, dinilai tidak memenuhi untuk dijadikan lokasi kegiatan.

“Kami menunggu konfirmasi dari pihak Pemdes Bolo untuk waktu dan tempat pelaksanaan pelatihan. Ada rencana, kegiatan akan dilakukan di lingkungan sekolah dasar yang ada di Desa Bolo. Tapi, tetap saja kami akan menunggu kepastian tempat dan waktu dari desa sasaran,” kata Suratman.

Terkait pemateri, pihaknya akan mendatangkan pembicara dari yayasan We Save Kabupaten Dompu. Pemilihan pemateri didasarkan pada capaian dan fokus yayasan tersebut. Apalagi, lanjutnya, We Save juga sukses membangun bank sampah induk di Kabupaten Dompu. “Abuzar, adalah pemateri yang akan kami datangkan. Dia dan yayasannya sudah lama fokus pada upaya pemanfaatan sampah. Seperti bank sampah dan sekolah TK berbasis sampah,” terang sosok yang juga merupakan Sekretaris LPM STKIP Tamsis Bima itu juga.

Disinggung terkait respon desa, Suratman mengaku mendapatkan apresiasi. Bahkan, pihak desa sedang berpikir untuk membangun bank sampah sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kedepannya, usai pelatihan, akan terus dibangun komunikasi. “Nanti kan bisa menjadi kelompok yang dibentuk BUMDes setempat. Bagaimana masyarakat itu mengubah cara pandang, dasar sampah menjadi uang. Target jangka panjangnya sih, akan seperti itu. Saat kami sampaikan ke Kades, beliau merespon secara positif rencana kegiatan itu,” tutupnya. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB