Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 10 Desember 2019
Matakuliah ISBD, Gafar Ajak Mahasiswa Kunjungi Asi dan Pasar Modern
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Selalu ada cara bagi pengajar untuk melakukan inovasi. Seperti yang dilakukan A. Gafar Hidayat, M.Pd saat mengampu matakukiah ilmu sosial dan budaya dasar (ISBD). Pria yang akrab disapa Gafar itu mengajak mahasiswa mengunjungi tempat bersejarah untuk mengumpulkan informasi secara langsung.
"Kuliah lapangan itu kami beri tema; menelaah secara empirik dan kritis fenomena sosial budaya masyarakat di era 4.0. Mengunjungi Musium Asi untuk menelaah dan mengidentifikasi hasil kebudayaan Bima," ujarnya saat diwawancarai media ini di sekitar area STKIP Tamsis Bima, Selasa (10/12/2019).
Selain musium ASI, dirinya juga mengajak mahasiswa untuk mengunjugi pasar modern yang ada di Kota Bima. Tujuannya untuk mengamati perilaku masyarakat dalam kontes mode dan style atau pola konsumtif. Kuliah lapangan ini, kata Gafar, menggunakan pendekatan fenomenologis. Dimana pendekatan fenomenologis dilakukan untuk memahami pola perilaku manusia berdasarkan cara pandang/perspetifnya terhadap dunia yang dihadapinya saat ini.
"Apalagi saat ini perubahan dari segala sendi kehidupan manusia begitu cepat, seiring dengan perkembangan IPTEK, yang mengantarkan manusia pada fase pascarevolusi industri 4.0, atau lebih akrab disapa globalisasi. Sebagai dampaknya yaitu Munculnya pemahaman yang mendunia dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu, serta dapat disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dalam nyebaran HOAX. Oleh karena itu mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus cermat dan kritis, dalam menerima serta menanggapi informasi di media social, terutama yang berkaitan dengan isu sara, sebagai salah satu objek kajian Ilmu Sosial dan Budaya Dasar," urai alumni kota para daeng itu.
Untuk tujuan dari kuliah lapangan itu, Gafar menerangkan, yaitu untuk memberikan wahana berpikir secara konkret tentang kondisi sosial dan budaya masyarakat saat. Untuk ditelaah berdasarkan konsep teoritis secara interdisipliner/multidiipliner yang sudah dipelajari, kemudian dibandingkan dengan kondisi riil yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. "Melalui kuliah lapangan ini juga, mahasiswa diharapkan mampu memecahkan/menemukan solusi terhadap masalah-masalah sosial budaya yang berkembang dewasa ini, dengan mengedepankan nilai etika dan pranata social yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Kuliah itu dilaksanakan pada Senin tanggal 9 Desember 2019," tutupnya. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB