Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Sabtu, 07 September 2019
Tentang Siti Sarafiah, Mahasiswa Berprestasi Pengharum Kampus
Ditulis Oleh : Humas
Namaku Siti Sarafiah, lahir di Rehak, 21 Oktober 1998. Aku adalah anak pertama dari empat bersaudara, buah dari pasangan Rahman dan Siti Jelifa Elo. Sarah adalah panggilan akrabku, aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahku seorang petani. Sedangkan ibuku adalah seorang ibu rumah tangga. Ayah dan ibuku memiliki sebuah kios di rumah, selama ini kami mengandalkan kios tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sejak kecil ayahku selalu menasihatiku agar rajin belajar, bersikp jujur serta tolong menolong antara sesama.
Ketika berumur 6 tahun, aku mulai bersekolah di MIS Al-Amin Kewitu, Lembor Selatan, Labuan Bajo pada tahun 2004. Kemudian setelah lulus aku merantau ke Bima dan tinggal bersama bibiku yang merupakan adik dari ibuku di sekitaran Sila desa Rato dan melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertama di MTsN SATAP BOLO di tahun 2010 dan tamat pada tahun 2013, kemudian aku melanjutkan pendidikan menengah atas di MAN 3 BIMA dan tamat pada tahun 2016. Selama 6 tahun di Bima, aku sama sekali tidak pernah pulang ke kampung halaman dikarenakan masalah biaya transportasi serta orang tuaku berkomitmen agar aku lulus SMA dulu baru kembali ke kampung halaman. Pada tahun 2016 aku diterima di kampus STKIP Taman Siswa Bima dan mengambil jurusan Pendidkan Guru Sekolah Dasar (PGSD) program strata satu (S1).
Ketika menginjak tahun ke dua di STKIP Taman Siswa Bima, yaitu pada tahun 2017 pada saat semester II aku mengikuti lomba PHBD (Program Hibah Bina Desa) bersama senior-seniorku yang diselenggarakan DIKTI antar PTN/PTS se-Indonesia. Perlombaan tersebut mengharuskan kami membuat proposal dan ketika itu proposal kami berjudul “Pengembangan Home Industry Tenun Tembe Nggoli (Tenun Khas Bima) Desa Sie Kabupaten Bima Dalam Mewujudkan Desa Sie Sebagai Desa Sentra Industri Tenun” membawakan kami lulus sampai pada tahap akhir. Aku sangat gembira, sebab ini adalah pertamakalinya aku mengikuti lomba dan bisa membawa nama kampus STKIP Taman Siswa Bima bersaing dengan kampus-kampus lainnya, Hingga pada akhir tahun 2017, aku dan timku dipercaya sebagai perwakilan dari Kampus STKIP Taman Siswa Bima untuk mengikuti pameran Inovasi Desa se-Kota dan Kabupaten Bima yang diselenggarakan oleh Pemerintah Bima, hari itu menjadi hari yang tak pernah terlupakan dalam hidupku. Setelah itu, motivasi dan dorongan dari dosen pembimbingku, yaitu ibu Annisa M.Pd membuatku bersemangat mengikuti lomba Karya Ilmiah yaitu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh DIKTI juga antar PTN/PTS se Indonesia dan ketika itu proposalku berjudul Pemberdayaan Pemuda Sadar Wisata di Bima dalam Kampanye “Ayo Kenali Potensi Lokal” melalui Pengembangan Destination Informartion Sistem membawakanku sampai pada tahap MONEV (Monitoring dan Evaluasi) di Uneversitas Mataram. Ketika itu, aku merasa sangat bangga sekali karena hanya kampusku dan kelompoku yang berada di wilayah Bima-Dompu yang lolos hibah PKM.
Terimakasih banyak ku ucapkan kepada dosen pembimbingku yang tercinta yaitu Ibu Annisa M.Pd, karena berkat bimbingan beliau menghantarkan ku mengikuti presentasi MONEV ke luar daerah. Setelah peristiwa itu, semangatku dalam mengikuti karya tulis ilmiah semakin menggebu-gebu. Aku berharap disemeter terakhirku, proposal PKM ku lolos sampai pada tahap PIMNAS dan aku berharap suatu hari nanti dapat menjadi penulis terkenal yang dapat menginspirasi orang banyak.
Saat ini aku masih duduk di semester 7 jurusan PGSD, setelah lulus kuliah nanti aku berencana mengabdi di kampung halamanku di Labuan bajo kemudian baru melanjutkan ke jenjang Magister yang merupakan mimpi yang aku idam-idamkan selama ini.

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB