Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 27 Agustus 2019
Darling, Mahasiswa PPL-KKN Terpadu Posko Tumpu Tanam Waru
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima, Sadar lingkungan (Darling) merupakan salah satu poin penting tema PPL-KKN Terpadu angkatan IV tahun 2019 STKIP Taman Siswa Bima. Kesadaran terhadap lingkungan ini sangat urgen diimplementasikan di tengah masyarakat. Melalui momentum PPL-KKN Terpadu ini, mahasiswa posko desa Tumpu Kecamatan Bolo menerjemahkannya ke dalam beberapa program kerja, yang salah satunya adalah penanaman pohon di lokasi desa Tumpu. Penanaman pohon ini dilaksanakan karena murni dari kesadaran mahasiswa yang melihat betapa tandusnya daerah setempat.
“Kegiatan ini adalah murni inisiatif kami, yang sangat prihatin melihat tandusnya desa Tumpu. Upaya penghijauan ini merupakan salah satu program kerja kami selama di desa Tumpu disamping kegiatan-kegiatan lain” ujar Masrun Ketua Posko Tumpu (27/8).
Pada kegiatan penghijauan ini, mahasiswa menanam pohon Waru sebanyak dua puluh pohon dan ditanam sepanjang jalan protokol desa Tumpu. Pohon jenis waru sengaja dipilih ditanam pada periode musim panas, karena kemampuan pohon ini beradaptasi dikondisi kering, apalagi pohon ini memiliki daun yang rindang. Hal tersebut akan sangat membantu memberikan suasana sejuk disepanjang jalan yang ditanami.
“Pohon Waru yang kami tanam berjumlah dua puluh pohon, sengaja kami pilih pohon jenis ini karena kemampuannya beradaptasi saat suasana kering seperti saat ini, semoga dapat membawa suasana sejuk di desa Tumpu” ujar sekretaris posko desa Tumpu, Ariyanto yang juga sebagai Ketua MAPALA Parewa STKIP Taman Siswa Bima ini.
Ditemui terpisah disela kesibukannya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) desa Tumpu Bapak Ady Irawan, S.H.,M.H membenarkan kegiatan tersebut dan menyambut baik. “Kegiatan ini sangat konstruktif bagi terciptanya udara segar di lokasi PPL-KKN mahasiswa, sehingga masuk sebagai salah satu program kerja unggulan kami. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini akan menjadi stimulus bagi masyarakat setempat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan sehat di sekitarnya. Pemerintah desa saya rasa perlu menjadi pionir dalam kegiatan-kegiatan semacam ini, sehingga mampu menyentuh masyarakat hingga tingkat rumah tangga” ujar alumni Magister Hukum Universitas Islam Indonesia ini.
Kegiatan ini mendapat atensi lebih dari pemerintah desa setempat, dan berakhir sekitar pukul 12.00 Wita. (TSB03)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB