Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 27 Agustus 2019
Dirasa Penting, Sosialisasi PHBD di Gelar Mahasiswa di Desa Tenga
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima, Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. Contoh perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat dipraktekan oleh anak-anak SD yaitu mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, menggosok gigi yang baik dan benar serta membuang sampah pada tempatnya.
"Adapun mamfaat dari perilaku hidup bersih dan sehat adalah mencega dari penyakit, meningkatkan kesehatannya, dan membuat anak dapat tumbuh sehat dan cerdas," kata Subhan M.Pd.I pada media ini, Selasa (27/8/2019) menjelaskan kegiatan sosialisasi yang digelas awal Agustus itu.
Kegiatan yang digelar tersebut, cendrung berupa sosialisasi dengan teknik home visit. Home visit adalah kegiatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dengan ke rumah warga untuk lebih mengenal kehidupan warga dan dapat memberikan pertolongan kedokteran sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pasien baik berupa sosialisasi, penyuluhan dan memberikan tindakan keperawatan. "Kedua kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian ilmu yang dapat kami lakukan di dalam rangkaian proses PP-KKN. Melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi murid-murid SD dan warga desa yang ada di Tenga, memang menjadi tujuan yang diutamakan dalam setiap program yang dilaksanakan," ujar Subhan.
Lalu, apa tujuan dari kegiatan PHBS?
Menjawab pertanyaan tersebut, Subhan mengaku akan mengedepankan pemahaman kepada peserta didik akan arti pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat. "Dengan adanya sosialisasinya ini, diharapkan siswa-siswa menegtahui pentingnya mencuci tangan seperti sebelum makan, sesudah buang air besar dan sebagainya serta dapat mempraktekkan cara mengosok gigi yang baik dan benar. Disamping itu, para siswa diharapkan dapat memahami dampak dari membuang sampah sembarangan kepada kehidupan manusia dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," kata DPL Posko Tenga tersebut. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB