Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Senin, 26 Agustus 2019
Prodi PJKR STKIP Tamsis Bima Adakan FGD Tentang Kebijakan Publik
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima, Untuk meningkatkan kualitas guru olahraga, Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Tamsis Bima mengadakan focus group discussion (FGD). Kegiatan tersebut Merupakan diskusi mendalam mengenai kebijakan publik pada sistem penyelenggaraan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Kabupaten Bima.
"Pelaksanaanya untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi perbaikan penyelenggaraan PJOK di Kabupaten Bima. Kegiatan semacam FGD ini sangat jarang dilakukan di wilayah Kabupaten Bima, sehingga dalam momentum ini prodi PJKR STKIP taman siswa Bima berinisia untuk menyelenggarakan yang sekaligus dirangkaikan dengan kolaborasi penelitian," tutur penggungjawab kegiatan, Ifan, S.Pd., M.Or seraya mengaku mendapatkan respon positif dari ketua STKIP Tamsis Bima.
"Hal demikian ketua STKIP Tamsis Bima sangat respon untuk memberikan dukungan moril dan moral untuk demi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang beradap. Diskusi mendalam dalam kegiatan FGD ditemukan masalah dalam penyelenggaraan PJOK diantaranya meliputi, mutu pendidikan masih dibawah 90% (SDM). sarana dan prasaran masih di bawah 50%, pemerataan guru mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang belum merata ke sekolah pedesaan," jelasnya mendalam.
Harapan peserta FGD untuk kegiatan peningkatan kualitas SDM terus didorong berupa FGD, MGMP, pelatihan. Rekrutmen guru harus diseleksi secara transparan dan berkualitas (soft skill), bukan pola rekrutmen atas dasar hubungan keluarga semata. "Untuk pemerataan perlu dilakukann pemetaan kebutuhan guru yang ada di masing-masing satuan pendidiikan di Kabupaten Bima. Untuk sarana dan prasarana perlu alokasi anggaran yang berjenjang setiap tahunya dan fasilitas tersebut dilakukan perawatan," kata Irfan.
Menyinggung penyelenggaraan PENJASORKES yang berkualitas, dirinya menilai perlu peran nyata dari pemangku kebijakan yakni pejabat publik, supaya bisa diatur salam peraturan yang sah untuk dilakukan secara seksama di tingkat penyelenggara pendidikan.
Untuk diketahui, peserta yang hadir saat kegiatan sekitar 30 orang dan dihadiri berbagai stakeholder. Diantaranya, dinas pendidikan, pengawas, dewan pendidikan, PGRI, Akademisi pendidikan, akademisi olahraga, dan guru penjasorkes. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB