Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 28 Mei 2019
Hebat, Mahasiswi PGSD STKIP Tamsis Lolos Hibah PKM Kemenristek Dikti 2019
Ditulis Oleh : Humas
Tahun 2019 menjadi tahun spesial bagi Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima karena berhasil meloloskan Tim Gamess dalam kompetisi hibah PKM yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia.

Tim yang diketuai oleh Neneng Khairunisa, beranggotakan Mariani Ulfa, Fachni Noer Fitri dan Apriliani ini membuat judul PKM GAMESS (Gerakan Anti Membuang Sampah Sembarangan), dengan judul “Upaya Peningkatan Kesadaran Hidup Bersih Melalui Gamess (Gerakan Anti Membuang Sampah Sembarangan) SDN 35 Kota Bima dan dibimbing Hairunisa, M.Pd, dosen Prodi PGSD.

Ketua Tim Gamess, Neneng Khairunisa menjelaskan mereka mangambil judul tersebut karena melihat realita yang ada bahwa sampah merupakan permasalahan yang sulit diurai hingga saat ini. Oleh karena itu perlu langka-langkah menanamkan sejak dini perilaku tidak membuang sampah sembarangan kepada siswa Sekolah Dasar (SD).

Neneng menyebut sejumlah kegiatan yang dilakukan timnya yaitu berusaha menumbuhkan kesadaran hidup bersih kepada siswa SDN 35 Kota Bima, dengan melakukan penyuluhan bahaya membuang sampah sembarangan, mendampingi siswa–siswi untuk membersihkan lingkungan sekolah baik dalam kelas maupun di luar kelas.
Selain itu, membuat bak sampah besar sebagai tempat pembakaran sampah, membuat bak sampah dari tutupan botol, dan membuat buku Gamess. “Semoga kegiatan yang akan kami laksanakan tiba bulan ke depannya berjalan lancar, kami sangat ingin sekali menumbuhkan kesadaran hidup bersih kepada siswa agar prestasi siswa dapat meningkat,” katanya.

Ia mengaku ingin mengabdi kepada sekolah tersebut. Harapannya, SDN 35 Kota Bima menjadi sekolah yang berkualitas dengan memerhatikan kebersihan tetap terjaga.
“Mengubah pola hidup bersih siswa– siswi SDN 35 Kota Bima sekarang adalah tanggung jawab tim kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penelitian STKIP Taman Siswa Bima, Zulharman M.Lingk, menjelaskan, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tim Gamess merupakan bentuk dukungan kampus setempat terhadap program Gubernur NTB yaitu program Zero Waste dan ke depan akan dikembangkan lagi menjadi eco office yaitu program perkantoran yang berwawasan ekologi dan lingkungan.

Dikatakannya, ke depan STKIP Taman Siswa selalu siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka menyukseskan program-program tersebut.

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB