Dinas Pariwisata Bima : Campa Bisa Jadi Desa Wisata Asal Penuhi 3 Syarat Ini
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Jumat, 09 Agustus 2019
Dinas Pariwisata Bima : Campa Bisa Jadi Desa Wisata Asal Penuhi 3 Syarat Ini
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima, Seminar Sadar Lingkungan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL KKN Terpadu Angkatan IV Tahun 2019 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima Posko Campa dengan tema “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan demi Terwujudnya Desa Campa menjadi Desa Wisata” yang bertempat di Desa Campa Kecamatan Madapangga, Kamis (08/08/2019).
Menghadirkan perwakilan dari Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Toffo Pajo Madapangga Rompu Waworada (TPMRW), Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bima yang bertindak sebagai narasumber.
Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Muhammad Akbar sebagai salah satu narasumber menjelaskan bahwa Desa Campa punya peluang besar menjadi desa wisata asal memenuhi kriteria 3A (Atraksi, Akses dan Amenitas). Atraksi artinya ada sesuatu keunikan yang menjadi daya tarik wisatawan, bisa berupa sumber daya manusia (budaya, adat) ataupun sumber daya alam (air terjun, sungai, hutan). Akses artinya harus ada akses jalan untuk ke lokasi wisata sedangkan Amenitas artinya ada penginapan atau tempat berteduh bagi wisatawan.
Untuk mewujudkan hal ini perlu peran serta dari semua pihak. Masyarakat harus dilibatkan dan turut berkontribusi. Pariwisata juga harus memberikan manfaat bagi perekonomian masyakat di sekitarnya. Penting bagi masyarakat untuk mengenali potensi wisata yang ada di wilayahnya, apakah potensi wisata budaya ataukah potensi wisata alam. Semua hal itu harus menjadi satu kesatuan yang saling mendukung.
Tetapi Muhammad Akbar menekankan bahwa pariwisata jangan dijadikan komoditas unggulan, tetapi jadi prioritas tambahan. Pertanian dan perkebunan harus tetap jalan. Pariwisata sebagai penopang bagi kegiatan perekonomian yang telah ada sebelumnya di daerah tersebut.
Desa Campa memiliki beberapa objek wisata yaitu Sori Nura dan air terjun Lampuru yang belum terlalu dikenal luas. Sedangkan objek wisata Oi Taba sudah cukup viral hanya saja akses jalan kesana masih sulit dilewati oleh kendaraan roda empat. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB