FORUM KONSULTASI PUBLIK RPJMD KAB BIMA 2016-2020
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 10 Juli 2016
FORUM KONSULTASI PUBLIK RPJMD KAB BIMA 2016-2020
Ditulis Oleh : Humas
FORUM KONSULTASI PUBLIK
RPJMD KAB BIMA 2016-2020
"Terwujudnya Kab Bima yg RAMAH
Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal".
Setiap Bupati dan Wakil Bupati terpilih diharuskan untuk menyusun RPJMD sebagai landasan, acuan dan pedoman dalam Pembangunan Kab. Bima lima Tahun ke depan (UU No.12 Tahun 2008). RPJMD ini merupakan penjabaran dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Bima terpilih periode 2016-2020 yaitu "Mewujudkan Kab. Bima yang RAMAH (Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal".
Dalam penyusunan RPJMD dikoordinatori oleh BAPPEDA dengan melalui beberapa tahapan antara lain: Persiapan, Rancangan Awal, Konsultasi Publik, Rancangan Akhir, sampai proses legislasi di DPRD untuk ditetapkan sebagai PERDA dan RAPBD Kabupaten Bima.
Dalam Tahapan Konsultasi Publik, Bappeda bersama TIM SUKSES mengundang DPRD, SKPD, Akademisi, Wartawan, LSM, KNPI, dan Tokoh Masyarakat untuk memberikan masukan mulai dari mengidentifikasi masalah yang ada di masyarakat, mengusulkan Program untuk menyelesaikan masalah tersebut. Masalah dan Program yang diusulkan oleh Peserta Forum adalah tentu perpatokan pada Visi Misi tersebut. Forum Konsultasi Publik ini bertugas untuk menyempurnakan dan melengkapi Visi Misi tersebut.
Masalah yang diidentifikasi oleh forum antara lain: Degradasi moral generasi muda, rendahnya kemampuan remaja dalam membaca AL Quran, buruknya manajemen Masjid-Masjid, dan belum maksimalnya pengelolaan zakat di Bima; Maraknya konflik kekerasan sosial, narkoba, curanmor, perjudian, teror, dan gampang tersulutnya emosi yang mengakibatkan perkelahian dan pembunuhan; Tingginya angka kemiskinan, pengangguran, belum maksimalnya pengelolaan komoditi unggulan, pertanian dan kelautan, gundulnya hutan, berkurangnya mata air, dan buruknya pengelolaan KUD dan BUMD.
Sementara masalah dalam hal Amanah dan Handal, antara lain: Buruknya pelayanan publik, maraknya KKN, kelalaian dan penyelewengan jabatan dan kurangnya kedisiplinan; rendahnya kualitas pegawai dan pendidik baik guru dan sebagian dosen, belum adanya penghargaan Pemerintah terhadap individu dan lembaga yang memiliki karya dan prestasi.
Beberapa Program yang diusulkan oleh Forum antara lain: perlu dibangun tempat pendidikan agama (TPA) di setiap Desa, restrukturisasi manajemen masjid-masjid Agung di setiap kecamatan dan perlu maksimalisasi pengelolaan zakat secara profesional dan amanah dengan "One Village One Bazdes". Untuk keamanan perlu ada penelitian dan kajian yang mendalam terhadap konflik sosial, perlu kerjasama Pemerintah, masyarakat dan polisi untuk mengatasi masalah keamanan dengan mendirikan pos jaga di perbatasan desa yang dijaga oleh polisi dan pemuda.
Revitalisasi dan restrukturisasi manajemen KUD dan BUMD, Kebutuhan pertanian terdistribusi dengan baik dan adil, penanaman Pohon (gerakan satu orang satu, dua/3 pohon, menciptakan dan merawat mata air. Mewujudkan birokrasi yang miskin struktur dan kaya fungsi, peningkatan SDM dan sistem berbasis teknologi, E governance, E budgetting, menyediakan dana untuk studi lanjut S1, S2, S3 untuk guru, dosen, pegawai, LSM, dan juga Wartawan. Menyediakan biaya untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat, perlu kajian terhadap Rasio guru dan siswa serta sarana prasarana pendidikan.
Ada juga Program Favorit, yaitu: One Village One dokter One Ambulance, didirikan rumah aspirasi setiap kecamatan, perpustakaan terpadu di setiap Kecamatan lengkap dengan ruang diskusi dan laboratorium.

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB