Gerakan Darling, BEM REMA Kampus Merah Tancapkan 2000 Pohon di Kecamatan Donggo
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Minggu, 10 Januari 2021
Gerakan Darling, BEM REMA Kampus Merah Tancapkan 2000 Pohon di Kecamatan Donggo
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Bertemakan, Mari Menanam Suburkan Dunia Suburkan Usia, BEM REMA STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima menggelar penghijauan di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, NTB. Gerakan sadar lingkungan (Darling) tersebut dilakukan dengan menancapkan 2000 pohon di tiga titik: Desa Kala, Desa Mpili dan Desa Mbawa. Untuk menyukseskan program penghijauan tersebut, BEM REMA sekolah tinggi yang dijuluki Kampus Merah itu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Camat Donggo, DRM ASSISTANT COORDINATOR LLDPP PROJECT - RO Bima ADA Indonesia, Personil BPBD Kabupaten Bima, Persatuan Mahasiswa Donggo-Soromandi (PMDS) Bima dan Gerakan Pemuda Desa Kala (GPDeska).

“Alhamdulillah, puluhan mahasiswa dan komunitas masyarakat terlibat dalam proses penanaman bibit pohon yang digelar pada Sabtu (9/1/2021). Gerakan ini semoga menjadi gerakan penyadaran yang bisa diikuti dan dirawat oleh masyarakat setempat (Donggo, red),” kata Ketua BEM REMA STKIP Tamsis Bima, Amrin, pada wartawan melalui telepon genggamnya, Minggu (10/1/2021).

Dijelaskannya, inisiatif dibangunnya kegiatan tersebut adalah karena rasa prihatin terhadap kondisi lingkungan. Terlebih kondisi hutan di Kabupaten Bima yang rata-rata telah gundul karena pembabatan liar. “Maka dari itu dilaksanakanlah kegiatan ini guna mengembalikan stabilitas hutan yang ada di kab. Bima. Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini memotivasi pemuda, lebih-lebih masyarakat agar kembali tersadar akan pentingnya menjaga lingkungan lebih lebih hutan kita,” terang mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Semester 7 itu.

Ia memandang, konsekuensi logis dari gundulnya hutan adalah terjadinya bencana alam berupa banjir dan tanah longsor. Tidak hanya itu, di musim kemarau, potensi munculnya bencana kekeringan dan krisis air bersih sangat tinggi.

“Jenis pohon yang ditanam berupa trambesi dan sengol. Titik pertama dilakukannya reboisasi ini di Mada Oi Pamoti Desa Kala. Setelahnya lanjut di lokasi Puncak Desa Mpili. Baru kemudian bergerak ke Desa Mbawa. Kami melihat beberapa tahun terakhir hutan di Donggo rusak parah. Alam dan lingkungan tidak lagi hijau seperti biasanya. Belum lagi dampaknya sangat meresahkan masyarakat," katanya.

Seperti yang diketahui, STKIP Tamsis Bima memiliki fokus dalam upaya peningkatan dasar lingkungan, sadar literasi dan kewirausahaan. Beragam kegiatan digenjot dalam rangka membekali mahasiswa dengan tiga peningkatan tersebut. Hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan kabupaten bima dengan melihat sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada. (TSB03)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB