Webinar Teknik Penulisan Buku, Dr. Ibnu: Pesertanya meng-Indonesia
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Kamis, 26 November 2020
Webinar Teknik Penulisan Buku, Dr. Ibnu: Pesertanya meng-Indonesia
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – “Pada prinsipnya, kita akan terus berlari,” motivasi tersebut berkali-kali disampaikan Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., pada sejumlah kesempatan. Untuk meningkatkan capaian, tentu saja telah dilakukan berbagai upaya. Seperti yang dilakukan pihak LP2M STKIP Taman Siswa Bima kali ini, dengan mengadakan Webinar Teknik Penulisan Buku Ajar dan Buku Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Dosen, Guru dan Tenaga Kependidikan, pada 26/11/2020. Saat menyampaikan Sambutan, Ibnu, sapaan akrab Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., mengatakan bahwa peserta yang hadir sudah meng-Indonesia.

“Saya rasa kita sepakat, daya tarik pada Webinar kali ini ada pada Prof. (Wisnu Jatmiko , red). Saya melihat pesertanya sudah meng-Indonesia,” ujar pribadi lulusan S3 UI di Tahun 2015 sewaktu memberikan pengatar saat Webinar berlangsung, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, satu hal yang memersatukan partisipan, adalah visi dan cara memandang profesi. Ibnu menulai, keadaan Indonesia masih sangat rendah tentang literasi. Dan, hal tersebutlah yang harusnya menjadi landasan dari instansi pendidikan untuk terus meningkatkan minat “mengkonsumsi” bacaan pendidik dan peserta didik.

“Indonesia masih sangat rendah soal literasi. Saya kira, kita memiliki satu tujuan dengan satu harapan yang sama, yaitu bisa mengisi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahwa hasil buku kita menjadi salah satu dasar referensi untuk mengajar. Selama ini kita masih mengajar atau mengutip karya karya dari dosen lain. Ruh kita adalah belajar, mengajar dan menulis,” ungkapnya singkat.

Sebelumnya, Ketua LP2M STKIP Taman Siswa Bima yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksana Webinar, Anisah, M.Pd., berharap kegiatan serupa bisa terus digalakkan. Selain itu, komunikasi yang terus terhubung di antara penggiat literasi dan instansi pendidikan menjadi modal yang sangat besar untuk menyukseskan setiap Webinar. “Kami harap, pertemuan seperti ini bisa dilakukan terus menerus,” inginnya.

Dalam pengantarnya, Anisah menjelaskan tentang latar belakang dari program tersebut. Setelah melakukan sejumlah evaluasi, pihaknya menemukan ketidakberimbangan antara jumlah yang lolos hibah dengan luaran dalam bentuk buku ajar. Sebagai upaya untuk menyeimbangkan capaian tersebut, pihaknya kemudian menggelar Webinar dengan mengundang pemateri yang mampu menjadi panutan dan motivator bagi partisipan.

“Kenapa kami membuat Webinar ini? Berawal dari kebutuhan kami sendiri. Kampus kami sudah banyak yang mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian. Tapi luaran penelitian dan pengabdian ini belum banyak yang dibuatkan buku. Seringkali laporan hanya berhenti pada pelaporan saja. Merasa butuh, kami ingin sama-sama belajar,” jelas Anisah.

Pihaknya berharap pemateri juga memberikan motivasi pada peserta Webinar. Selain itu, pihaknya juga memasang target, usai kegiatan, banyak dosen yang akan termotivasi untuk membuat buku ajar. “Mohon untuk diceritakan pengalaman dan prestasinya prof (Wisnu Jatmiko, red) selama ini, sebagai motivasi. Usai kegiatan ini, kami harap banyak judul dan rancangan buku yang masuk ke kami. Kita akan dengarkan tips dan trik dari prof ((Wisnu Jatmiko, red),” sampainya.

Untuk diketahui, kegiatan Webinar yang diselenggarakan oleh LP2M STKIP Taman Siswa Bima pada Kamis (26/11/2020) menghadirkan Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, SMIEEE sebagai pemateri. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 - 15.20an Wita tersebut disaksikan ratusan partisipan dari Zoom dan YouTube. Menariknya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pewakilan yang andil. Saat menyampaikan materi, Wisnu Jatmiko banyak menujukkan karya, cara dan strategi yang dilakukannya untuk menghasilkan literasi. Antusias peserta juga terlihat tinggi, diamati dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB