"Akibat" Bimtaq, Antusias Mahasiswa Menghafal Alquran Meningkat
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Jumat, 20 November 2020
"Akibat" Bimtaq, Antusias Mahasiswa Menghafal Alquran Meningkat
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Bimbingan Imtaq (Bimtaq) sebagai modal mahasiswa baru yang diprogramkan STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima, menunjukkan hasil yang memuaskan. Ketua melalui Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM) Al Baroqah Sudirman, Hasajudin, S.Pd., menilai intensitas keikutsertaan mahasiswa mencapai 90 persen.

"Kami menilai, terjadi peningkatan yang drastis pada minat setor hafalan mahasiswa. Baik di Kampus Induk maupun di Kampus Kota. Meningkatnya antusias mahasiswa ini ditunjukkan dengan selalu ramainya mahasiswa yang stor," ujarnya pada media ini di Masjid Al Baroqah Sudirman STKIP Tamsis Bima, Jumat (20/11/2020).


Disampaikannya, target yang ditetapkan pihaknya dalam satu semester adalah mampu menghafa Juz 30; untuk tahap awal. Kemudian, akan dilanjutkan pada matakuliah Ketamansiswaan, dengan Juz 29. "Target kami, 50 persen yang wisuda di tahun 2023, minimal hafal juz 30. Ini adalah program DKM yang bekerjasama dengan matakuliah dosen matakuliah PAI dan dosen hafiz," sampainya.


Program tersebut merupakan langkah yang dilakukan untuk mencapai Visi Beradab. Saat disinggung tingkat hafalan mahasiswa, Hasajudin mengatakan, sekitar 60 persen dari Juz 30. "Inikah masih tengah semester, dan mereka segera akan menghafal di akhir semester. Metode yang kami gunakan adalah menghafal semampunya. Yang jelas, ada peningkatan hafalan setiap pekannya," paparnya seraya menyebutkan dosen pendamping Hafiz.

"Selain dosen PAI, yaitu Muhammad, M.Pdi., dan Salahuddin, M.Pdi, ada juga dosen-dosen yang hafiz. Tahun sekarang, lebih meningkat antusias mahasiswa. Termasuk tingkat hafalannya, dapat dilihat dari peningkatan hafalannya setiap pekan," ulasnya.


Senada, Muhammad, M.Pdi., juga menjelaskan tentang minat hafalan mahasiswa. Untuk semester ganjil 2020, total mahasiswa yang mengikuti hampir 400-an. Mahasiswa yang terlibat adalah mahasiswa semester 1 dan 7.

"Antusias, luar biasa. Sekitar 90 persen mahasiswa sasaran program mengikuti program hafiz dengan baik. Dibanding tahun lalu, lebih berkembang. Tahun lalu, antusias mahasiswa sekitar 70% sangat menginginkan hafal alquran. Karena dianggap sebagai pondasi awal untuk meraih cita-cita. Mahasiswa termotivasi dengan visi misi dan program Bimtaq. Tahun lalu, saya cuma di Kampus Induk. Sekarang, kampus induk dan kota," ungkapnya. (TSB03)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB