Selain Olahraga, Saat Kuliah Umum PJKR Dr. Ibnu Tekankan tentang 3OR Lainnya
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Kamis, 19 November 2020
Selain Olahraga, Saat Kuliah Umum PJKR Dr. Ibnu Tekankan tentang 3OR Lainnya
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Baru saja mendapatkan akreditasi B, Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima terus menggempur berbagai kegiatan. Mengoptimalkan pengalaman dari sejumlah dosen yang baru saja menyelesaikan studi S3, Prodi PJKR menggelar kegiatan kuliah umum. Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., yang memberikan sambutan saat kegiatan tersebut menekankan tentang pengoptimalan 4OR (Olahraga, Olahrasio, Olahrasa, Olahruh). Menurutnya, pengembangan olahraga oleh mahasiswa prodi PJKR sudah sangat bagus. Akan tetapi 3OR lain masih butuh dikembangkan lagi.

“Kalau untuk olahraga, mahasiswa PJKR ini sudah sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya capaian di sejumlah Cabor (cabang olahraga). Seperti sepakbola, catur, taekwondo, silat dan lari. Tetapi untuk 3OR yang lain, masih sangat minim dikembangkan,” ujarnya di lokasi kegiatan, Auditorium Sudirman STKIP Tamsis Bima, Rabu (18/11/2020).

3OR lainnya, kemudian dikupas olehnya. Pertama, sambungnya, adalah olahrasio. Olahrasio adalah cara mahasiswa untuk memberi asupan bergizi bagi akalnya. Tentu saja, menu yang akan dibutuhkan untuk menambah nutrisi akal adalah dengan membaca Alquran, buku, jurnal dan membaca diri.

“Sejak 2015, kita sudah mengangkat tagline, dengan membaca Alquran kita akan mengenal semester, membaca buku kita mengenal dunia dan dengan membaca diri kita akan mengenal sesama. Tagline ini terus kami gaungkan agar civitas akademika di kampus kita memiliki kemampuan olahrasio yang tinggi. Mahasiswa juga harus menguasai informasi. Satu bulan terakhir, kegiatan keilmuan di kampus kita terus berlangsung. Para doktor yang baru Kembali, telah menjadi menjadi sumber informasi pemangku kebijakan dan motivasi bagi mahasiswa,” papar pribadi yang akrab disapa Ibnu tersebut.

Diinformasikannya, kualitas lulusan sekolah tinggi berjuluk Kampus Merah terus diminati di sejumlah instansi. Salah satunya adalah Al Wildan Internasional Islamic School Jakarta yang meminta mengirimkan lulusan untuk mengajar di sana. Tidak tanggung-tanggung, sekolah berlevel internasional itu mengaku akan menyediakan gaji dan tempat tinggal yang memadai.

“Lulus Tamsis ditawarkan di sekolah Al Wildan di Jakarta, tapi belum ada yang daftar. Alumni kita juga sudah ada yang sukses di Jakarta yang membimbing mahasiswa dari Korea. Dengan akreditas B-nya Prodi PJKR, dan memiliki doktor terbanyak disbanding Prodi lain, maka prinsipnya harus konsen di pengembangan diri dan keilmuan,” sampainya.

Yang kedua, adalah olahrasa. Kata yang paling mendekati adalah menjaga sikap rendah hati. Belakangan, muncul fenomena anak muda “bersumbu pendek”. Tidak sedikit juga konflik yang terjadi karena ketidakmampuan mahasiswa untuk mengelola rasa. “Fenomena belakangan ini, banyak anak muda yang konflik gegara kegagalan komunikasi. Biasanya, mahasiswa PJKR kurang dalam kemampuan berdiplomasi dan komunikasi. Tetapi, pada kegiatan fisik memang terus menonjol,” ulang Ibnu.

Ketiga, adalah olahruh. Ibnu mengatakan, olahruh merupakan cara manusia menjaga kedekatannya pada pencipta dan kesadaran penuh pada kaidah kehambaan. Pada mahasiswa dan civitas akademika, dirinya sangat berharap untuk mampu terus mengikuti iklim dzikir dan pikir. “Bahwa perguruan tinggi yang maju, kelihatan dari kegiatan keilmuan, keterampilan softskill. Sehingga wawasan memiliki keterampilam yang tinggi. Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana caranya agar mahasiswa terus terdorong untuk melakukan peningkatan softskill dan hardskill,” tutur Ibnu.

Untuk diketahui, Prodi PJKR STKIP Tamsis Bima sukses menggelar kegiatan Kuliah Umum dengan menghadirkan Dr. Syarifudin, M.Pd., Dr. Rabwan Satriawan, M.Pd., AIFO dan Dr. Irfan, M.Or. kegiatan yang dihadiri mahasiswa dan dosen internal Prodi PJKR itu berlangsung lancar. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB