Desain Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Melalui Micro Teaching
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 06 Oktober 2020
Desain Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif Melalui Micro Teaching
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - PPL I merupakan langkah awal yang harus dilaksanakn oleh setiap mahasiswa, program ini akan dilaksanakan oleh setiap mahasiswa yang berlabelkan pendidikan dan ilmu keguruan. Kegiatan ini sebagai langkah awal bagi calon guru dan menjadi barometer ketika para mahasiswa turun langsung ke lapangan untuk mengajar setiap peserta didik di ruang lingkup pendidikan baik itu pendidikan formal maupun non formal. Sehingga mereka mampu menerapkan pola pembelajaran yang didapatkannya serta mampu mengimplementasikan pola tersebut dengan baik.

“Team teachingnya ada 3, pak ketua (Dr. ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., saya, dan bu Sri Lastuti, M.Pd. Setelah mengikuti perkuliahan PPL 1 (Micro Teaching) diharapkan mahasiswa PGSD semester VI memiliki kemampuan dalam melakukan pengajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman yang sudah semakin berkembang seiring canggihnya tekhnologi. Oleh karenanya untuk mencapai hal tersebut, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan kemampuan mengajar pada kelas terbatas, namun juga mengajar kelas yang sesungguhnya di sekolah-sekolah SD yang telah dipilih untuk mempraktekkan sesuatu yang sudah didapatkan. Untuk memberikan semangat pada mahasiswa, diakhir semester seluruh media pembelajaran yang dirancang mahasiswa akan ditampilkan pada pameran media pembelajaran dan akan dipilih mahasiswa terbaik pada masing-masing kelas untuk berkompetisi pada praktek micro teaching terbaik. Namun karena kondisi yang terjadi berbeda yaitu adanya covid 19, maka kegiatan pameran pembelajaran tidak jadi dilaksanakan,” papar Syahriani Yulianci, M.Pd atau kerap disapa Ibu Anci., selaku dosen pengampu mata kuliah PPL I (Micro Teaching) pada media ini via akun WAnya, Senin (6/10/2020)

Kegiatan PPL I menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mendesain sebuah media pembelajaran. Sebab, media pembelajaran mampu mengefektifkan pola-pola pembelajaran agar peserta didik lebih cepat memahami setiap materi yang akan diajarkan. “Bertepatan dengan kegiatan PPL-KKN covid 19 pada semester VII, sehingga media yang telah dibuat disumbangkan pada tempat PPL dari para mahasiswa. Ada beberapa sekolah yang diikutsertakan untuk pengaplikasian media pembelajaran, di antaranya adalah SD Kananga, SDN Inpres Kananga 2, SDN Inpres Teke, SDN 1 Teke, SDN Runggu, MIS Roka, SDN Inpres Leu, SDN Inpres Dore. Media pembelajaran 84 yang digunakan pada saat melakukan PPL II oleh mahasiswa,” tambah Anci.

Di tempat terpisah, Ketua LPPM Anisah, M.Pd memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada dosen pengampu MK PPL I (Micro Teaching), karena telah mengarahkan mahasiswa untuk mendesain suatu produk pembelajaran.

“Sebagai pihak LPPM, kami merasa senang dengan adanya media-media pembelajaran yang dihasilkan dari mata kuliah Micro Teaching. Media-media yang dihasilkan sangat membantu mahasiswa dalam menjalankan proses belajar mengajar selama PPL di sekolah. Sebagaimana kita tahu bahwa penggunaan media pembelajaran sangat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep dan materi yang di ajarkan, selain itu penggunaan media pembelajaran menjadi solusi bagi guru untuk menarik perhatian siswa dalam belajar, menumbuhkan motivasi siswa. Disisi lain penggunaan media dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas karena seringkali media yang digunakan mengharuskan siswa terlibat secara penuh dalam kelas. Dengan demikan, media-media yang merupakan produk dari mata kuliah sebelumnya dapat memaksimalkan proses PPL mahasiswa di sekolah. Semua capaian mahasiswa-mahasiswa tersebut tentunya tidak lepas dari peran dan arahan dosen pengampu mata kuliah Micro Teaching,” ungkap Anisah.

Lebih lanjut, Ketua program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Mariahmah, M.Pd yang diwawancara media ini mengungkapkan bahwa, “Sebagai Kaprodi PGSD, saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa bagi dosen pengampu MK PPL I Ibu Syahriani Yulianci, M.Pd., yang sudah mampu melaksanakn proses perkuliahan dengan inovatif dan mampu menghasilkan output yang kreatif. Selain itu, mahasiswa juga memiliki kemampuan mengajar yang baik dengan menggunakan media pembelajaran. Pada MK ini juga mampu mengahsilkan berbagai produk alat peraga yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah dasar,” pungkas Mariamah. (*Zulkifli/TSB03)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB