Peduli Korban Kebakaran Ntonggu, UL Psikologi BiCare STKIP Tamsis Bima Gelar Trauma Healing
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Senin, 07 September 2020
Peduli Korban Kebakaran Ntonggu, UL Psikologi BiCare STKIP Tamsis Bima Gelar Trauma Healing
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Bencana, selalu saja meninggalkan beban psikologi pagi para korbannya. Tidak terkecuali dengan korban kebakaran Desa Ntonggo, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Beranjak dari kepedulian, Unit Layanan (UL) Psikologi BiCare STKIP Tamsis Bima menggelar kegiatan trauma healing dengan menyasar anak-anak, dewasa dan Lansia. Kegiatan yang digelar, Minggu (6/9/2020) itu mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat.

Koordinator pelaksana, Fenny Febrianti, S.Psi., M.Si., menjelaskan tentang perlakuan yang diberikan pada kelompok sasaran program. Untuk anak-anak, pihaknya memberikan terpai bermain dengan tujuan meningkatkan kebahagiaan pada anak korban bencana, menurunkan tingkat kecemasan anak terhadap peristiwa bencana kebakaran, sebagai wadah anak mengekspresikan emosinya dan meningkatkan dukungan sosial pada korban bencana.

“Untuk dewasa dan Lansia, kami memberikan psikoedukasi terkait trauma dan memberikan terapu relaksasi. Tujuan kegiatan pada dewasa adalah menurunkan tingkat kecemasan dan stres pada orang dewasa terhadap peristiwa kebakaran, meningkatkan dukungan sosial pada sesama korban bencana, memberikan informasi dan edukasi mengenai trauma dan cara mengatasinya dan penanganan awal psikologis pada korban bencana agar lebih produktif dalam kesehariannya,” urainya via Whatsapp, (Senin (7/9/2020).

Untuk respon korban terhadap kegiatan tersebut, lanjut sosok yang akrab disapa Fenny itu, adalah mereka sangat bahagia sekali. Karena jarang yang memberikan metode kegiatan seperti ini kepada Lansia dan dewasa. Kebanyakan program serupa hanya diberikan kepada anak-anak. “Mereka jadi mengerti apa yang mereka rasakan dan mereka juga mampu untuk mengatasi cemas ketika mengingat kejadian. Untuk anak-anak, karena mereka diberikan game mereka cukup aktif dalam ikut serta permainan. Dan mereka mampu untuk mengekspresikan emosinya,” tambahnya .

Disinggung respon penanggungjawab Posko Bencana Kebakaran, H Idham, Fenny menjelaskan bahwa ia sangat bangga dengan program yang dicanangkan STKIP Tamsis Bima. Karena, lanjutnya, selain memberikan bantuan secara materil, Kampus Merah juga mampu memberikan bantuan untuk pemulihan psikologis korban bencana yang memang masih jarang diberikan oleh banyak orang.

“Untuk respon fasilitator selaku psikolog, Inastasya M.Psi.,Psikolog, dia mengaku mendapat tanggapan masyarakat dengan antusias, semangat, kooperatif dan memang untuk sisi psikologi belum pernah diberikan penangan kepada masyarakat terkait bencana tersebut. Diharapkan masyarakat mampu mengaplikasikan terapi yang sudah sama-sama dipraktikkan ke kehidupan sehari-hari ketika merasakan kecemasan ataupun hal psikologis lainnya. Harapan kami sih ketika masyarakat secara individual yang memang membutuhkan penanganan lebih lanjut bisa menghubungi kepala desa atau RT supaya dapat dibantu mengenai permasalahan psikologis yang dialami,” tutupnya. (TSB03)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB