KUI STKIP Tamsis Bima Gelar International Webinar Bersama PICOMS Malaysia
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Jumat, 19 Juni 2020
KUI STKIP Tamsis Bima Gelar International Webinar Bersama PICOMS Malaysia
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Tak henti-hentinya STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima memberikan kejutan. Bagaimana tidak, dalam sepekan, kampus yang terhitung muda itu menggelar Webinar Nasional dan Internasional. Internasional Webinar yang dihelat 18 Juni 2020 itu merupakan program dari Kantor Urusan Internasional (KUI) dari perguruan tinggi yang dikenal dengan sebutan Kampus Merah.

"Kegiatan Webinar Internasioanl yang diadakan oleh Kantor Urusan Internasional STKIP Taman Siswa Bima bekerja sama dengan PICOMS International University College Malaysia. Kegiatan ini adalah wujud implementasi program kerjasama dari 2 kampus terkait. kegiatan ini bertema, maintaining the sustainability of Education and helath management during the pandemic of Covid- 19," kata Kepala KUI STKIP Tamsis Bima, Ramli, M.Pd., pada media ini saat diwawancara di ruang kerjanya, Kamis (18/6/2020).

Seminar online itu mengahadirikan 3 pembicara dalam dan luar negeri. Yaiitu Prof. Dr. Mohd Nazil Bin Saleh yaitu deputy Vice Chancellor of PICOMS International University College, Dr. Syarifuddin S.Si., M.Pd selaku staff ahli ketua STKIP Taman Siswa Bima dan Erwin Akib S,Pd., M.Pd., Ph.D selaku Dekan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

"Kegiatan yang mengupas tuntas beberapa hal startegis dalam pemberdayaan stakeholder di bidang pendidikan di tengah pandemic covid-19 ini membagi ke dalam 3 chapter materi penting. Pemateri pertama mencoba memberikan pandangan tentang bagaimana cara ampuh dalam menjaga diri, dan lingkungan social dalam kondisi pandemic covid – 19 ini. Tentunya dengan tetap memberikan respon positive terhadap diri dan lingkungan di tengah wabah ini. Sehingga respon fisik dan psikis yang tidak reaktif secara berlebihan akan mampu menjadi imun setiap manusia mampu menepis seranagn virus tersebut," papar Ramli.

Sedangkan pemateri kedua, sambungnya, melengkapi dengan isu work from home, yang cenderung memberikan ruang bagi para individu untuk memilki waktu yang tidak terkontrol dengan baik. Sehingga perlu adanya manajemen yang baik dan terstruktur dalam menyusun beberapa kegiatan-kegiatan yang produktif. "Sehingga fokus pada kegiatan-kegiatan yang bersifat kontributif tetap dapat dimaksimalkan," lontarnya.

Sebagai seorang dekan, lanjut Ramli, pemateri ketiga mencoba memberikan pandangan terhadap bagaimana langkah yang mesti dilakukan oleh pemangku kebijakkan dalam menyikapi pandemi. Tujuan strategies dalam kampus tetap dijangkau. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah proses pembelajaran yang harus tetap dimaksimalkan, adalah mengatur manajemen dalam mengevaluasi kinerja pembelajaran baik itu pada sumber daya dosen dan tingkat penyerapan mahasiswa dalam setiap proses pembelajaran.

"Hal tersebut senada dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua STKIP Taman Siswa Bima, terkait dengan beberapa langkah stretegis yang mesti menjadi PR (pekerjaan rumah, red) bagi para praktisi pendidikan. Misalnya bagaimana tetap menjadi maksimalisasi proses, meskipun dalam kondisi seperti ini. Sehingga tidak terjadi Culture Shock yang berakibat pada timbulnya kendala-kendala dalam kegiatan pemberlajaran. Disamping hal tersebut ketua STKIP Taman Siswa Bima juga mengajak para pemangku kebijakaan yang ikut serta dalam kegiatan webinar tersebut untuk menajdikan masa Pandemic ini untuk senantiasa memberikan pandangan serta langkah-langkah strategies baik itu dalam bentuk kebijakan, akademik atau kajian-kajian strategis lainnya," urai Ramli.


Ditambahkanya, kegiatan yang dirancang oleh KUI STKIP Tamsis Bima adalah langkah progress yang dilakukan oleh lembaga tersebut setelah melaksanakan Inbound Mobility Program beberapa waktu yang lalu. Kegiatan dilakukan bersama mahasiswa di kampus PICOMS International Universuty College. Sehingga Webinar International ini menjadi kegiatan kedua. Sedangkan kegiatan dalam waktu dekat yang akan dilaksanakan adalah join research dengan perguruan tinggi tersebut. "Hal tersebut tetap dilaksnakan untuk mewujudkan implementasi MoU serta mendukung visi dan Isi kampus sebagai kampus Peradaban dengan tag line Tamsis Go Internasitional," pungkas Ramli. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB