Jadi Keynote Speaker SEMANGAD, MENPORA RI Bahas Normal Baru Olahraga Indonesia
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 17 Juni 2020
Jadi Keynote Speaker SEMANGAD, MENPORA RI Bahas Normal Baru Olahraga Indonesia
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Seminar Nasional Olahraga Daring (SEMANGAD) yang digelar oleh Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis) Bima, dibanjiri peserta. Room Zoom yang digunakan dengan batas maksimal 100 partisipan terisi penuh dan lebih dari 1300 peserta mengikuti Webinar via Live Facebook. Selain karena pemateri yang sangat relevan, hadirnya MENPORA RI, Dr. Zainudin Amali, SE., M.Si., juga menjadi pemicu perhatian peserta.

Ketua STKIP Taman Siswa (Tamsis) Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., saat kegiatan berlangsung (15/6/2020) pada media ini mengatakan bahwa pihaknya juga pernah bermitra dengan Kemenpora pada tahun 2018 dengan kegiatan Kirab Remaja. Sebagai kampus yang memiliki Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga (PJKR), pihaknya harus mampu menyesuaikan dengan kondisi New Normal pasca PSBB.

“Di tahun 2018 kami sudah bermitra dengan Kemenpora, berupak kegiatan kirab remaja. Di Bima juga memiliki atlet berbakat. Pada PON NTB 2010, 60 persen mendali diborong atlet dari Bima. Sisi lain, persoalan pemuda yang terjerat narkoba juga harus dicarikan solusi akademik. Bagaimana cara menjalankan pelajaran olahraga masa covid-19, akan disampaikan oleh Menpora RI,” ucapnya waktu membuka Webinar seraya mempersilahkan Menpora RI untuk menyampaikan materi.

Menpora RI, Dr. Zainudin Amali, SE., M.Si., saat memberikan materi menjelaskan tentang Normal baru olahraga di Indonesia. Tentu saja akan menjadi tatanan kehidupan, menyesuaikan dengan normal baru. Kemenpora RI membagi hal tersebut dalam 3 kategori; latihan, kejuaraan dan kegiatan olahraga rekreasi masyarakat.

“Bagaimana olahraga untuk Penjas, masih menunggu dari Kemendikbud, kapan sekolah dimulai. Jika sudah didapatkan akan memberikan kategori untuk Penjas. Untuk Pelatihan, dilarang uji coba dalam atau luar negeri, dilarang mengikuti kejuaraan dari Kabupaten sampai internasional, pelatihan dilakukan oleh induk cabang olahraga khusus individu dengan melakukan isolasi terhadap tempat latihan dan mengikuti protokol kesehatan,” urainya.

Untuk kejuaraan, lanjut Menpora RI, dilakukan secara terbatas setelah mendapat izin, atlet tetap mengikuti protokol kesehatan, tempat turnamen disemprot disinfektan, atlet dipastikan tidak terpapar Covid-19, wajib menggunakan masker. Sedangkan untuk kegiatan olahraga rekreasi masyarakat, lokasi kebugaran dibuka dengan tingkat kehadiran maksimal 10 pengunjung. Kolam renang menggunakan protokol kesehatan, monitoring dilakukan oleh komunitas olahraga rekreasi.

“Saya akan menyampaikan protokol olahraga secara umum. Protokolnya sendiri. Sesuai surat edaran. Kami sudah menerbitkan panduan untuk kegiatan protokol tahap pelaksanaan keolahragaan. Pandemi corona ini masih akan lama. Dampak Corona luar biasa. Khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang ada dalam pengelolaan Cabor,” sampainya.

Penyampaian 4 Pemateri

Secara umum, penyampaian materi oleh pemateri adalah: Dr. (C) Ermawan menjelaskan tentang penerapan model pembelajaran Penjas ada 7 model untuk bisa diterapkan di saat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran di rumah, guru tidak boleh memberikan tugas yang berat untuk peserta didik dan harus bisa diawasi oleh orang tua di rumah.

Dr. Yudha, menyampaikan guru harus bisa menerapkan model pembelajaran Penjas yang efektif dan efisien untuk meningkatkan imunitas tubuh peserta didik di saat pandemi Covid-19. Dr. (C) Irfan menjelaskan tentang pembelajaran Penjas di saat pandemi selain menggunakan Daring, harus dikedepankan kultural karena Indonesia kaya dengan budaya dan kearifan lokal dalam KBM Penjas dilakukan di rumah.

Sedangkan dr. Ifran menjelaskan, pada protokol kesehatan masa Covid-19. Saat melakukan aktivitas olahraga masa pandemi Covid-19 hal yang paling penting adalah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu ketika melakukan aktivitas olahraga di saat pandemi Covid-19 harus memperhatikan juga DFIT (Durasi, Frekuensi, Intensitas, Training). (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB