Dosen STKIP Tamsis Terima Hibah Dikti
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Kamis, 18 Februari 2016
Dosen STKIP Tamsis Terima Hibah Dikti
Ditulis Oleh : Humas
Penerima dana hibah penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset dan Teknologi tahun 2016. Dosen berprestasi tersebut yakni Yus’iran SSi MPd dan Maryamah MPd.

Dosen fisika dan matematika ini menjadi satu-satunya dosen yang lolos dari perwakilan Kota dan Kabupaten Bima pada penelitian tersebut.

“Awalnya kita kirim 4 tim, namun yang lolos hanya dua tim saja,” ungkap Yus’iran ditemani rekannya Maryamah saat ditemui di kampus STKIP Taman Siswa Bima.

Meski hanya 2 tim yang lolos, namun mereka tetap berbangga hati karena menjadi perwakilan dari Bima. Sebab, seleksi penerima dana hibah tersebut sangat ketat dan diikuti seluruh dosen perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Melalui penelitian tersebut, para dosen telah mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu bukan akademik mengajar semata namun juga pengabdian masyarakat dan penelitian.

Dari prestasi tersebut masing-masing dosen menerima dana hibah sebesar Rp 13 juta.

Pada penelitian tersebut Yus’iran SSi MPd mengangkat tema, Implementasi Metode Saintifik Menggunakan Setting Argumentasi Pada Mata Kuliah Mekanika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mempertahankan Retensi Siswa Calon Guru Fisika. Kemudian Maryamah MPd mengangkat penelitian tentang pengembangan buku ajar.

“Saya cukup bangga dengan prestasi ini. Ternyata kami tidak kalah dengan dosen-dosen di kota lain. Tapi kalau untuk kota dan Kabupaten Bima, hanya kami yang lolos,” ujarnya bangga.

Hal senada juga disampaikan Maryamah MPd. Kata dia, kompetisi tersebut adalah ajang besar yang berskala nasional. Diikuti oleh semua dosen di semua perguruan tinggi se Indonesia. “Saya bersyukur, kami bisa lolos seleksi di tengah persaingan yang cukup ketat,” aku ibu dua anak ini.

Dia berharap, prestasi itu merupakan langkah awal bagi karier mereka di dunia pendidikan. Menurut dia, keberhasilan tersebut merupakan implementasi dari program iklim ilmiah di kampus.

“Alhamdulillah adanya ketua baru, banyak perubahan yang terjadi. Terutama iklim ilmiah yang terus digalakkan. Kita terus berkompetisi untuk menjadi yang terbaik,” pungkasnya. (mch) - Radar Tambora

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB