Tunjang Visi, Dosen Tamsis Bangun Iklim Quran: OWOJ Tamsis
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Kamis, 26 Maret 2020
Tunjang Visi, Dosen Tamsis Bangun Iklim Quran: OWOJ Tamsis
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Dalam rangka untuk menjunjang visi STKIP Tamsis Bima, sejumlah dosen bergendre perempuan membuat sebuah gerakan iklim Quran: OWOJ Tamsis. OWOJ Tamsis merupakan kepanjangan dari One Weeks One Juz Dosen Muslimah STKIP Tamsis Bima. Agenda kegiatannya terhitung sederhana, dimana anggotanya harus menyelesaikan bacaan satu juz Alquran setiap minggunya, kemudian memberikan informasi ke grup whatsapp sebagai media komunikasinya.

Koordinator sekaligus inisiator kegiatan, Ita Fitriati, S.Kom., M.T., pada media ini melalui aplikasi whatsapp, Rabu (25/3/2020) menjelaskan tentang teknis pelaksanaan program bernuansa religious tersebut. Untuk kegiatan, OWOJ Tamsis harus dilakukan setiap hari, dimana saja, dan kapan saja. “Tak berbatas tempat dan tak berbatas waktu. Yang penting setiap anggotanya melakukan tanggungjawabnya untuk menyelesaikan bacaan satu juz Alqruan setiap pekannya,” ujarnya

Tujuan diadakan kegiatan tersebut, lanjut perempuan yang akrab disapa Ita itu, adalah untuk membiasakan diri agar bisa istiqomah bertadarus. Sampai dengan berita ini dipublish, yang mengikuti program tersebut adalah 39 orang. Dengan anggota yang terdiri dari ibu-ibu dosen dan pegawai STKIP Tamsis Bima. “Harapan kegiatan ini adalah terbiasa merutinkan membaca alquran dan khatam alquran. Terutama bagi ibu ibu dosen dan pegawai lingkup STKIP Tamsis Bima. Peserta yang mengikuti program ini bergerak murni Lillahi Taala,” ungkap Ita.

Di dalam grup WA, tidak diberikan aturan yang mengikat. Semuanya murni karena kesadaran untuk menyelesaikan kewajiban berupa komitmen bersama. Yang telat ngaji tidak diberikan punishmen, yang cepat ngaji juga tidak diberikan reward. “Hanya saja dengan group ini semoga kita bisa termotivasi dan saling memotivasi dalam kebaikan,” tutupnya.

Seperti yang diketahui, STKIP Tamsis Bima terus menggenjot untuk capaian visi dan misi. Di antaranya adalah misi penguatan Iman dan Taqwa (Imraq). Program unggulan yang terus dilakukan adalah iklim dzikir dan dhuha. Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., yang diminta komentarnya terkait kegiatan OWOJ Tamsis menyampaikan rasa syukurnya. Menurutnya, gerakan tersebut merupakan gerakan sukarela untuk menterjemahkan salah satu misi kampus.

“Alhamdulillah ini berita baik (OWOJ Tamsis, red), ada gerakan sukarela, dengan kesadaran yang tinggi untuk menterjemahkan salah satu misi kampus. Kegiatan ini juga menjadi karya nyata dosen dalam memanfaatkan produk teknologi. Kita berharap ini akan berlanjut dan berkembang dari waktu ke waktu ada peningkatan dosen-dosen berkarakter Qurani,” sambutnya.

Ibnu (sapaan akrab) menilai, haruslah ada hubungan yang linear antara pelajaran di kelas dengan tingkat pemahaman akan kandungan Alquran. Sehingga, lanjutnya, akan terlahir generasi yang beradab di masa yang akan datang. “Semakin banyak dosen yang memahami Quran, lalu kandungan dan nilainya di kontekstualisasikan dengan pembelajaran di kelas dan luar kelas, insya Allah akan lahir generasi-generasi beradab di masa-masa mendatang,” pungkasnya. (TSB03)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB