Ramli, si Penyambung Lidah STKIP Tamsis Bima ke Mancanegara
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 25 Maret 2020
Ramli, si Penyambung Lidah STKIP Tamsis Bima ke Mancanegara
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Syarat agar menjadi sebuah informasi adalah adalanya penyedia informasi, penerima informasi dan penyambung informasi. Peran penyambung sangatlah penting karena harus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan penerima. Begitulah peran Ramli, M.Pd. Dia menjadi penyambung lidah STKIP Tamsis Bima ke sejumlahlah kampus di mancanegara. Sebutsaja Arollano Universty Filipina, Our Lady of Fatimah University Filipina, PICOMS Malaysia, dan UPSI Malaysia. Sebagai peran lebihnya, Ramli telah diangkat menjadi Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima sekaligus menjadi pimpinan tim lima yang berkesempatan belajar di Malaysia selama dua pekan.

Sejak bergabung 2017 di kampus, dirinya mengaku telah mengikuti sejumlah kegiatan. Yaitu, menjadi N-1 Adjudicator terbaik berturut-turut selama tiga tahun dalam ajang National University English Debating Champhionship 2017, 2018 dan 2019. Disamping itu pernah mengisi Kuliah Tamu dengan materi Public Speaking di PICOMS International University College. Juga pernah menjadi Invited Speaker dalam International Conference in Sciencies, Technology, Education and Management (InSTEM) yang dihelat di PICOMS International University College, belum lama ini.

“Awal bergabung di kampus diamanahi menjadi kepala pengelola Laboratorium Bahasa Inggris. Kemudian menjadi Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Selang setahun kemudian menjadi Kaprodi Bahasa Inggris. Dan, juga ikut membantu menjadi penyambung komunikasi kampus dengan beberapa perguruan Tinggi Luar negeri, dan juga mempromosikan Kampus Merah di kanca internasional,” tuturnya pada media ini melalui aplikasi Whatsapp, Rabu (25/3/2020).

Untuk terus bekerja sebagai media informasi kampus ke level internasional, dirinya juga mendapatkan tugas sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Tamsis Bima. Dengan adanya KUI, kampus beralmamater merah maron tersebut berhasil menjadi bagian dari kegiatan International yaitu Internationa Inbound Mobility Program 2020 dengan PICOMS International University College.

“Semenjak bergelut menjadi dosen, kegiatan-kegiatan positif tetap dilakukan karena itu passion. Contohnya sering diundang oleh sekolah-sekolah untuk menjadi Juri Lomba Debate yang diadakan di lingkup Kota dan Kabupaten Bima, membawakan Orasi Ilmiah dalam kegiatan lomba-lomba di sekolah dan dalam kegiatan kepemudaan, mendirikan club belajar bahasa inggris yang disebut Language Clinic di kampus, serta aktif membina siswa sekolah menengah atas dalam debate Bahasa Inggris,” sebut Ramli.

Terkait genre penelitian, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris itu mengaku fokus pada Discourse Analysis. Dirinya juga pernah mempresentasikan salah satu paper dengan judul, Language and Gender In EFL Classroom saat mengikuti International Conferenece di Malaysia.

Tertarik Debate sejaka Kecil
Siapa sangka masalah debate sudah diminati suami dari Ria Rachmatul Istiqomah M.I.Kom., bahkan sedari kecil. Saat duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah acap kali mewakili sekolah dalam beberapa kegiatan lomba cerdas cermat, membaca puisi, pidato dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, debate bahasa Inggris. Karena pengalaman tersebut, ketika kuliah Ramli langsung aktif disejumlah organisasi kemahasiswaan.

“Semenjak kuliah, saya kerap mewakili kampus dalam beberapa kegiatan lokal sampai nasional. Bidang dalam aspek bahasa yang paling diminati adalah Debate bahasa Inggris dan Indonesia. Dan, pernah mewakili kampus untuk mengikuti lomba debate tingkat nasional setelah melewati seleksi regional. Passion lain yang saya minati dan digeluti adalah Publik Speaking, dan sering diundang untuk menjadi pemateri Public Speaking pada organisasi-organisasi di kampus waktu S1,maupun kegitan Rohis dan SMA. Disamping aktif diorganisasi internal kampus dulu juga aktif organisasi-organisasi islam, dan menjadi fasilitator (instruktur, red) dalam beberapa kegiatan training di organisasi tersebut, disamping menjadi Asisten Dosen semenjak Semester V, di Universitas Muhammadiyah Makassar, waktu S1,” tutup Ramli. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB