Neneng: Mahasiswa PGSD, Senang Riset, Inovatif dan Pernah Belajar di Malaysia
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 25 Maret 2020
Neneng: Mahasiswa PGSD, Senang Riset, Inovatif dan Pernah Belajar di Malaysia
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima – Siapa yang senang matematika, maka logika mereka tumbuh dengan baik. Barangkali hal tersebut yang dialami Neneng Khaerunnisah, mahasiswa Prodi PGSD STKIP Tamsis Bima semester enam. Tiga tahun menjadi mahasiswa, Neneng (sapaan akrab) telah mengikuti sejumlah kegiatan ilmiah, penelitian,pengabdian, dan bahkan pernah mendapatkan kesempatan untuk belajar di Malaysia selama 15 hari.

Sejumlah prestasi yang telah ditorehnya adalah, tahun 2019 berhasil lolos Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat dengan judul, Upaya Peningkatan Kesadaran Hidup Bersih Melalui GAMESS (Gerakan Anti Membuang Sampah Sembarang) SDN 45 Kota Bima. Program tersebut sukses dilaksanakan sampai pada tahap Monev. Di Tahun 2020, lolos tahap awal Praproposal Hibah Bina Desa dengan Judul, Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) Dalam Pengolahan (Dodabo Istimewa) “Dodol Dahi Bongi” Dengan Berbagai Rasa Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Nipa.

Tidak cukup hanya sampai disitu, Neneng dan timnya juga sukses mendapatkan peringkat tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Sepulau Sumbawa yang diadakan oleh STKIP Tamsis Bima. Judul karya yang diusung adalah, Smart Games CBP (Congklak Biji Pinang) Games Literasi Dengan Memanfaatkan Permainan Tradisional Congklak Biji Pinang Sebagai Sistem Eliminasi Buta Aksara Bagi Anak Dusun Mawu Dalam. Kemudian, dia juga pernah mengikuti Seminar Internasional dengan Judul, A Semantic Analysis Of The English Translation Of Surah Al – Fatihah At The Eight Grade Students Of MTS Al – Bahri Karampi. Dan terakhir, mengikuti pertukaran pelajar di kampus Picoms Internasional University College sebagai perwakilan Prodi PGSD.

Selama belajar di Prodi PGSD, ia mengaku telah terobosan dalam bentuk tugas kuliah dan kegiatan yang berkaitan dengan Prodi. Misalnya, dirinya telah membuat media buku yang di dalamnya berisi gambar POP–UP untuk anak SD sebagai tugas akhir mata kuliah Pengembangan Bahasa Indonesia. “Saya membuat buku tentang profil salah satu kewirausahaan sebagai tugas akhir mata kuliah kewirausahaan. Dan, yang paling saya tekuni yaitu tugas akhir mata kuliah Evaluasi Pembelajaran saya membuat buku tentang Analisis Hasil Kemampuan Siswa Pecandu Gadget Dalam Memecahkan Masalah Menggunakan Instrument Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan Tema besar bukunya yaitu HOTS & GADGET. Saya melakukan penelitian disalah satu sekolah yang ada di Bima, yaitu SDN 50 Kota Bima,” papar Neneng pada media ini melalui telphonnya, Rabu (25/3/2020).

Selama enam semester berkuliah di STKIP Tamsis Bima, kegiatan yang disukainya adalah riset atau penelitian. Menurutnya, riset adalah salah satu kegiatan yang menantang. Untuk kedepannya, fokus yang akan melakukannya adalah riset, pengembangan dari buku yang saya buat tentang Higher Order Thinking Skill (HOTS). Disinggung spesifiknya arah risetnya, Neneng mengaku belum bisa menjelaskan, karena masih harus membuat gambaran konsep utuh, dan masih harus mempelajari HOTS dengan baik.

“Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan ilmu baru ketika mengikuti pertukaran pelajar di Malaysia, semua program kegiatan yang diadakan selama 2 minggu, baik berkaitan dengan pembelajaran dan pengabdian saya ikuti dengan baik. Tetapi ada beberapa hal yang saya fokuskan pada saat saya di sana, yaitu saya fokus mengamati proses literasi mahasiswa di sana, bagaimana proses pembelajaran di dalam kelas, apa saja kegiatan yang dilakukan oleh organisasi MPP atau yang disini dikenal dengan sebutan BEM. Dan, saya memantau dan memperhatikan dengan jelas, bagaimana proses pembelajaran pada jurusan pendidikan awal kanak – kanak, karena jurusan ini berkaitan dengan jurusan saya PGSD,” cerita Neneng.

Apasaja kegiatan yang dilakukan di kampus?
Mendapat pertanyaan tersebut, Neneng kemudian menyebutkan sejumlah kegiatan yang diikutinya. “Membersihkan Musholah Kampus setiap seminggu atau dua minggu sekali bersama dengan anggota team saya, mengikuti kajian di kampus, mengikuti seminar, menjadi panitia KPUM, menjadi panitia PKKMB, mengikuti berbagai macam lomba, seperti lomba PKM, saya mengikuti lomba PKM M, PKM K, PKM GT dan PKM P, mengikuti Lomba PHBD, mengikuti lomba kampus LKTI, mengikusi Tes CPNS, 2019 saya tidak lulus passing Grade, tahun 2020 saya lulus passing grade, tetapi tidak lulus perengkingan,” sebutnya.

Terkait organisasi kemahasiswaan, gadis kelahiran 19 November 1999 itu mengaku awalnya tidak pernah kepikiran untuk menjadi bagian dari organisasi apapun. Hanya ingin kuliah saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, dirinya mulai kepikiran untuk bergabung karena sering terlibat dalam diskusi dengan sejumlah mahasiswa yang berorganisasi. Sebelum bergabung dalam organisasi, di kampus kota sudah membentuk kelompok diskusi mahasiswa, walaupun anggota aktifnya hanya sekitar empat mahasiswa. Fokus kegiatan komunitas tersebut hanya membersihkan musholah kampus.

“Dimulai dari kegiatan inilah saya berminat masuk organisasi yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK, red) Al – Muhajirin STKIP Tamsis Bima. Selain menjadi anggota LDK, saya tergabung ke dalam bagian dari anggota Badan Eksekutif Republik Mahasiswa (BEM REMA, red) STKIP Tamsis Bima, sebagai bendahara kampus kota,” tutupnya. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB