STKIP Tamsis Dorong Mahasiswa Budayakan Menulis
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Kamis, 07 Januari 2016
STKIP Tamsis Dorong Mahasiswa Budayakan Menulis
Ditulis Oleh : Humas
BIMA-Dalam meningkatkan eksistensi dan kualitas, kampus STKIP Taman Siswa Bima tak henti memfasilitasi mahasiswa untuk terus berkarya. Satu lagi upaya kampus dalam menciptakan alumnus yang handal adalah membudayakan karya tulis.

Selain melakukan riset, mahasiswa juga didorong untuk mengembangkan diri pada dunia penulisan lain seperti tulisan cerita pendek (Cerpen). Terbukti, tujuh mahasiswa setempat sukses menyelesaikan penulisan cerita pendek sebanyak 120 halaman.

“Kita mendorong mahasiswa agar makin giat menulis lagi dan terus berkarya. Selain cerpen, kita juga mendorong agar mereka bisa menulis karya ilmiah,” tegas Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun MSi.

Dikatakan, karya mahasiswa tersebut akan segera diorbitkan. Meski kampus belum punya anggaran khusus, namun akan tetap diupayakan. Tujuannya, agar bisa dipromosikan di luar kampus.

“Yang pasti akan kita support karya mereka dengan menerbitkan tujuh judul ini. Untuk keberlanjutannya, mahasiswa semester dua akan kita jemput untuk bergabung,” terang peneliti CEPP ini.

Menurut Ibnu, kegiatan menulis mahasiswa tersebut merupakan wujud dari program iklim pikir di kampus merah tersebut. Selain dosen, mahasiswa juga mulai dibangun motivasinya untuk terbiasa menulis.

“Inilah bagian dari iklim pikir yang kami programkan. Kalau sebelumnya dosen, sekarang mahasiswa juga ikut ambil bagian. Perlu kita angkat karya-karya mereka meskipun ada kolaborasi dengan dosen pembimbing,” terang putra pemilik yayasan STKIP Taman Siswa ini.

Diakui Ibnu, saat ini penulis masih sangat rendah hanya sekitar 3 persen. Meski demikian, mahasiswa setempat sudah mulai terbangun motivasinya untuk menulis. Kata dia, tulisan mereka merupakan hasil renungan mendalam sesuai kehidupan masing-masing.

“Kita berharap karya ini bisa dikenal tentu melalui promosi yang akan dilakukan kampus. Meski mereka tergolong berekonomi lemah, tapi kita apresiasi semangatnya,” ujar Ibnu, bangga.

Dalam mensuport karya-karya mahasiswa, kampus sudah menyiapkan dan memberikan ruang bagi mahasiswa. Seperti komunitas dan dosen pembimbing.

“Harapannya agar mahasiswa bisa semakin kuat dan sebagai pembekalan untuk mendorong kemampuan mereka dalam menulis,” tambah pria yang juga Tim Ahli dan Kehumasan DPR RI ini.

Sementara dosen pembimbing penulisan cerpen Kurniawan MPd mengatakan, tujuh mahasiswa penulis cerpen terbaik itu akan digabung dengan senior dan juniornya.

Menurut dia, karya paling menarik dipersembahkan oleh Juriatina mahasiswa semester empat. Dalam tulisannya, Juriatina menceritakan tentang kehidupannya yang menjadi TKW di Hongkong demi mencari biaya kuliah.

“Dia ini mengalami musibah dan mengambil alih keluarga hingga menjadi TKW. Menjadi TKW bukan karena uang, tapi memenuhi janjinya kepada sang kakak untuk menjadi sarjana,” terang Kurniawan.

Dia menegaskan, cerpen mahasiswa setempat menggambarkan kehidupan sosial remaja dan ada juga pesan moral yang disampaikan. (edo-Radar Tambora)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB