Keren! Capaian Yulianci, Dari Borong 3 Skim Dana Hibah Hingga Jadi Wirausaha Muda
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 05 Februari 2020
Keren! Capaian Yulianci, Dari Borong 3 Skim Dana Hibah Hingga Jadi Wirausaha Muda
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Apalagi namanya jika bukan luar biasa. Bilamana tidak, sosok yang memiliki nama lengkap Syahriani Yulianci, M.Pd., berhasil memborong 3 skim hibah di 2020. Yaitu, Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT), Penelitian Dosen Pemula (PDP), dan hibah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) internal STKIP Tamsis Bima. Apakah sampai disitu saja? Tentu tidak, selain sebagai dosen dan peneliti, sosok yang akrab disapa Anci itu juga memiliki kehausan berorganisasi dan wirausaha. Terpantau, dirinya beberapa kali aktif Karang Taruna dan Remaja Masjid di Desa Naru, Woha, Bima.
Untuk masalah penelitian, Anci mengaku setia dengan model inquiry, bahkan sejak dia masih di jenjang S1. Kenyamanan pada model itu, karena dinilai sangat cocok dengan pendekatan saintifik. Sehingga dirasa sangat cocok dalam pembelajaran IPA maupun fisika.
"Prestasi baru-baru ini yaitu pertama kali ajukan, alhamdulillah lolos dihibah Kemensristekdikti pada skim PDP dan PKPT. Penelitian di PDP saya sebagai ketua, fokus pada inovasi proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satunya mencoba pembelajaran menggunakan model inquiry dengan multimedia interaktif. Sekaligus meneliti faktor internal dari siswa yaitu gaya belajar siswa," tutur dosen muda di STKIP Tamsis Bima itu saat diwawancara media ini di ruang Prodi, Rabu (5/2/2020).
Sedangkan untuk skim PKPT, Anci mengaku hanya sebagai anggota. Fokusnya pada penelitian yang melibatkan mitra kampus pada level Madya itu, adalah menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran fisika yang berbasis scientific inquiry melalui pendekatan neuroscience. Harapannya, mampu mengembangkan karakter dan sikap ilmiah siswa. "Mitra kami dari UPI," tekannya.
Selain dua skim tersebut, dirinya bersama tim juga berhasil menjadi bagian dari 10 tim yang lolos hibah PKM Internal. Jenis pengabdian yang digebrak adalah pembangunan TPQ di Desa Naru, Woha, Bima. "Tujuannya untuk meningkatkan nilai nilai Islami dan literasi keagamaan di wilayah abdianya. Harapan jangka panjangnya dapat membentuk generasi generasi yang menanamkan nila nilai qurani," terang pemilik galaxy studio itu.
Bentuk pengabdian yang diikuti dirinya adalah, andil dikegiatan PGSD Goes to school. Selain itu juga sebagai anggota Karang Taruna yang merupakan salah satu tanggung jawab dan keikutsertaan pemuda desa terhadap pendidikan dan permasalahan di desanya. Setelah selesai studi S2, Anci kembali mengabdi di SMA N 1 Woha sebagai TIM Pembina Olimpiade Fisika. "Tahun pertama membimbing (2019, red) siswa bimbingan lolos ke tingkat provinsi dengan peringkat 1 dan 2. Terkait keterlibatan dalam seminar di 2019, saya pernah ikut conference internasional sebagai pemakalah di UNY, Seminar Nasional di STKIP Tamsis Bima Seminar Nasional di UNSA, Workshop Penulisan di beberpa kampus di pulau sumbawa," urai Anci.
Aktifitas lain dirinya, adalah fokus meneliti dan menulis di bidang pendidikan khususnya Pendidikan IPA, sebagai staf pengajar atau dosen tetap di STKIP Tamsis Bima homebased PGSD. Biasa mengajar MK Evaluasi Pembelajaran, Konsep Dasar IPA SD, serta Inovasi Pembelajaran di SD. "Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari STKIP Tamsis Bima. Selain menggaungkan mottonya Tamsis Beradab dan Go Internasional, program iklim fikir dan iklim dzikirnya sangat memotivasi para dosen khusunya saya pribadi untuk berlomba lomba dalam menyetor hafalan Al-quran," bangganya.
Terkait riwayat karir dan capaian prestasinya, Anci memaparkan perperiode. Pada 2013-2015, dia sempat mengabdi di SMA N 1 Woha selama 2 tahun mengajar mata pelajaran fisika, kemudian izin sekolah lanjut. Tahun 2009 - 2013, saat menjadi mahasiswa S1 di Prodi Pendidikan Fisika Unram dia pernah menjadi anggota BEM FKIP 2009-2010, dan menjadi anggota pengurus Himafis. Tahun 2007 - 2009, dirinya berhasil menjadi lulusan akselerasi angkatan pertama SMA N 1 Woha, juara 1 dari semester 1 sampai 6, juara lomba cerdas cermat tingkat kabupaten, dan pernah ikut olimpiade fisika. Saat SMP 2004 - 2007, pernah ikut lomba mengarang tingkat Kabupaten Bima, dan olimpiade sains biologi, lomba cerdas cermat, juara umum sekolah sejak kelas 1 s/d kelas 3. Sewaktu SD (1998 - 2004), prestasi yang dicapai pernah juara 1 lomba mengarang, lebih banyak mengambil kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB