Tahap Awal untuk PKM Computer Based Test, Tim Kampus Merah Helat Sosialisasi
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Jumat, 31 Januari 2020
Tahap Awal untuk PKM Computer Based Test, Tim Kampus Merah Helat Sosialisasi
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima - Tim STKIP Tamsis Bima dalam waktu dekat ini akan melakukan beberapa bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Salah satunya kegiatan Pelatihan Penyusunan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Computer Based Test yaitu menggunakan tiga aplikasi antara lain Google form, Quizizzi, dan Thatquiz yang digagas oleh Agustinasari, M.Pd.Si., dan tim. Sebagai tahap awal, tim dari Kampus Merah melakukan sosialisasi di SMA N 2 Woha, Kamis (30/1/2020).
"Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu proposal yang lolos hibah internal pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2020 yang diadakan oleh lembaga STKIP Taman Siswa Bima. Tujuan untuk memfasilitasi dosen memenuhi salah satu dari tiga kewajiban yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian llKepada Masyarakat. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen dari dua program studi yaitu, Agustinasari, M.Pd.Si dan Endang Susilawati, M. Pd., dari program studi Pendidikan Fisika dan Ita Fitriati, S. Kom., M.T dari program studi pendidikan Teknologi Informasi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di SMAN 2 woha pada tanggal 3 Februari 2020," ujar Ketua Tim PKM, Agustinasari, M.Pd.Si., pada media ini saat diwawancara lewat aplikasi whatsappnya, Jumat (31/1/2020).
PKM berup pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru guna menghadapi peserta didik yang merupakan digital native di era digital. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, baik sebagai media pembelajaran maupun dalam proses evaluasi agar dapat menarik perhatian serta menumbuhkan ketertarikan peserta didik. "Pascakegiatan ini dilakukan, akan dilaksanakan evaluasi terhadap respon guru dan siswa terhadap ketertarikan dan kebermanfaatan program ini. Hasil dari evaluasi yang dilakukan menjadi dasar perbaikan dan keberlanjutan pelatihan ini akan dilaksanakan di sekolah-sekolah lain," jelasnya.
Pemiluhan SMAN 2 Woha sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan dengan pertimbangan, merupakan salah satu sekolah yang lokasinya dekat dengan kampus pengabdi. Alasan lain, karena merupakan salah satu sekolah mitra. Tutur Agustinasari, kepala SMA N 2 Woha, Muhamad, S.Pd., M.M., yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas ibu Sukra Wati, S. Sos memberi tanggapan positif terhadap rencana pelaksanaan kegiatan itu. Saat sosialisasi, tim STKIP Tamsis Bima diajak meninjau langsung ruangan laboratorium yang akan digunakan sebagai tempat pelatihan serta vasilitas penunjang seperti komputer sebanyak 30 unit, jaringan wifi, serta protektor.
"Ibu Sukra menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengupgrade kemampuan guru. Beliau menambahkan, dari 30 peserta yang akan ikut serta akan diupayakan semua mewakili bidang studi. Selain itu, salah satu output kegiatan berupa sertifikat kegiatan smdapat digunakan untuk bahan kenaikan pangkat guru-guru. Dari pelaksanaan kegiatan ini tim mengharapkan dapat menjadi salah satu vasilitator dalam upaya meningkatkan Literasi Digital dalam dunia pendidikan dan semoga kegiatan ini tidak hanya dilaksankan satu sekolah saja tapi dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah lain," tutupnya. (TSB01)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB