Sarnita, Dosen STKIP Tamsis Bima Yang Gemar Amati Bumi dan Antariksa
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Selasa, 14 Januari 2020
Sarnita, Dosen STKIP Tamsis Bima Yang Gemar Amati Bumi dan Antariksa
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima- Adalah Fitria Sarnita, M.Pd., sosok pengajar di STKIP Tamsis Bima yang gemar mengamati bumi dan antariksa. Tidak hanya sekedar gemar, tenaga pengajar di Prodi Pendidikan Fisika itu dalam sejumlah risetnya, mengambil tema tentang bumi dan antariksa.
Terbaru yang dilakukannya bersama tim, saat pengamatan gerhana matahari cincin beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya, tim Sarnita (sapaan akrab) juga berkerjasama dengan Pastron UAD dan Lapan dalam pengamatan gerhana matahari total. "Waktu pengamatan itu, saya sudah mengajar di sini (STKIP Tamsis Bima, red). Jadi Pastron UAD dan Lapan mengirimkan kami beberapa alat untuk mengamati gerhana matahari total. Kami waktu itu, membentuk tim bersama mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika," jelasnya saat dikonfirmasi di ruang tunggu Dosen, Selasa (14/1/2020).
Kegemaran saintis itu, cerita Sarnita, didapatkan sewaktu melanjutkan studi magister. Waktu itu, di Universitas Ahmad Dahlan, dirinya pernah mengikuti program ISYA (International School fof Young Astronomy). Proses seleksi juga tidaklah mudah, kerena dari banyaknya mahasiswa di Prodi S2 Pendidikan Fisika waktu itu, hanya dipilih dua terbaik. "Dari dua terbaik itu, kemudian dites lagi untuk diambil satu. Alhamdulillah, saya lolos. Program itu diikuti oleh dua negara.," jelas Sarnita.
Selain itu, kegiatan internasional lain yang pernah diikutinya Winter School di Chiang May. Kerumitan untuk lolos, hampir sama. Seleksi dilakukan antar Prodi, baru bisa untuk Apply beasiswa Winter School. "Kami juga pernah nulis jurnal tentang erastosthenes. Tesis saya waktu S2 adalah deteksi bintik matahari dengan menggunaka detektor CMO aplikasi akurasi dan presisi MTS at mega 32," ungkapnya.
Disinggung terkait rencana riset tentang bumi dan antariksa kedepannya, Sarnita mengaku memiliki rencana untuk itu. Beberapa persiapan tengah dilakukannya. "Bisa saja kedepannya, kami kembali akan bekerjasama dengan UAD dan Lapan untuk riset kedepannya. Yang jelas, sekarang kami tengah mempersiapkan sejumlah amunisi saja," katanya.
Untuk diketahui, Sarnita merupakan dosen pengampu matakuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA). Output dari kuliah itu adalah produk berupa alat alat. Selain itu, matakuliah yang diampunya adalah dasar dasar instrumen fisika, program pengembangan pembelajaran fisika, dan telaaah kurikulum fisika. Untuk hibah, Sarnita dua kali menjebol Penelitian Dosen Pemula, sebagai ketua. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB