Jelaskan Hubungan Matematika dan Sosial, Kaprodi PMat: Ruang Kelas tak Harus di Kelas
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Rabu, 16 Oktober 2019
Jelaskan Hubungan Matematika dan Sosial, Kaprodi PMat: Ruang Kelas tak Harus di Kelas
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima, Lazimnya perkuliahan pada umumnya, mahasiswa berinteraksi dengan dosen dalam proses pengajaran terjadi di ruang kelas. Ternyata, berbeda dengan cara pandang Kaprodi Pendidikan Matematika STKIP Tamsis Bima, Muslim, M.Pd. Menurutnya, ruang perkuliahan tidak melulu harus dalam kelas.
"Matematika tidak melulu belajar secara formal di ruang-ruang kelas, namun di kesempatan bina akrab ini (Kegiatan Himaptika, red), mahasiswa bisa belajar langsung ilmu matematika di luar ruangan kelas, dimana panitia sudah menyiapkan game-game edukasi yang berhubungan langsung dengan matematika untuk peserta bina akrab," tuturnya pada media ini di ruang kerjanya, Rabu (16/10/2019).
Waktu memberikan sambutan saat kegiatan berlangusng, Muslim mengaku mengutarakan pentingnya mempelajari dan memahami manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, ilmu matematika melatih diri kita menjadi manusia yang lebih teliti dan cermat, artinya ketika dihadapkan dengan soal-soal matematika yang rumit sekalipun, maka diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam memahami dan menyelesaikannya. Jika tidak, akibatnya menjadi fatal yakni jawaban menjadi keliru atau bahkan salah. Kedua, belajar matematika melatih cara berpikir kita menjadi sistematis. "Dalam menyelesaikan pertanyaan matematika dibutuhkan langka-langkah penyelesaikan yang beruntun dan sistematis, jika hal ini terbiasa dilakukan maka secara otomatis akan membentuk pola pikir yang sistematis sehingga semua persoalan hidup yang dihadapi bisa teratasi dengan baik," jelasnya.
Ketiga, melalui ilmu matematika akan terlatih menjadi orang yang lebih sabar. Soal matematika yang penyelesaiannya sangat rumit dan panjang membutuhkan kesabaran ekstra dan tidak boleh putus asa untuk sampai pada tahap akhir. Jika hal tersebut dilaksanakan dengan penuh kesabaran maka hasilnya akan maksimal. Begitu pula dalam kehidupan kita, serumit apapun masalah hidup jika dihadapi dengan sabar maka hasilnya berbuah manis.
"Keempat, ilmu matematika membantu kita berpikir rasional dan logis. Belajar matematika yang dibarengi pola pikir rasional dan logis akan melatih diri kita menjadi orang yang pandai mengendalikan diri dan emosi, ilmu matematika secara logis memberi manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya meningkatkan kemampuan pola pikir secara secara abstrak, cermat, obyektif, mandiri, kritis dan tajam serta membantu kita melakukan analisis suatu kejadian," ujar pria yang pernah dinobatkan sebagai dosen beradab oleh STKIP Tamsis Bima itu.
Kelima, ilmu matematika membantu aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Karena, sambungnya, ilmu matematika selalu bersentuhan langsung dengan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, orang ingin melakukan bisnis pasti butuh ilmu matematika dalam menghitung untung dan rugi. "Begitu pula ketika kita ingin belanja sesuatu, kita pun pasti melibatkan matematika di dalamnya. Dapat disimpulkan bahwa imu matematika sangat kita butuhkan dalam menjalani hidup dan kehidupan kita sehari-hari. So, tidak keliru jika pendidikan matematika menjadi pilihan anak-anak matematika, tinggal bagaimana caranya belajar dengan rajin, serius dan tekun," jelas Kaprodi PMat tersebut.
Ditanya tentang visi Prodi PMat, Muslim menjelaskan, yakni menjadi program studi yang menghasilkan guru pendidikan matematika yg unggul, berdaya saing, beradab dan berjiwa enterpreneurship. "Agar visi prodi ini benar-benar terwujud, maka harus tertanam dalam jiwa mahasiswa prodi pendidikan matematika dan diterapkan dalam kehidupan nyata," pungkasnya.
Seperti yang diketahui, Himaptika STKIP Tamsis Bima belum lama ini mengadakan kegiatan Bina akrab yang dirangkaikan dengan Baksos di Pantai Kalaki. Ikut hadir dalam kegiatan dengan tema keakraban tersebut, Kaprodi PMat dan dosen lingkungan Prodi PMat. Tujuan dilaksanakannya bina akrab adalah untuk menanamkan kebersamaan, memupuk persatuan, dan menghasilkan persaudaraan di antara sesama Himaptika. Selain memupuk rasa persaudaraan antara sesama mahasiswa internal prodi pendidikan matematika, merupakan kesempatan yang baik untuk tadabbur alam yakni merenungi ayat-ayat kauniyah atau fenomena alam. (TSB02)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB