Sambut Mahasiswa, Himaptika Laksanakan Bina Akrab dan Baksos
Portal Akademik
Link
Support Center
Eksis & Berprestasi
Senin, 14 Oktober 2019
Sambut Mahasiswa, Himaptika Laksanakan Bina Akrab dan Baksos
Ditulis Oleh : Humas
TamsisBima, Bina Akrab adalah kegiatan rutin tahunan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himaptika) STKIP Tamsis Bima. Kegiatan tersebut digelar untuk menyambut dan mempererat silaturahim antara mahasiswa dan dosen-dosen Prodi Pendidikan Matematika. Tujuannya, agar dalam menjalankan aktivitas perkuliahan maupun organisasi selalu dalam konteks persaudaraan. Kegiatan itu dilaksanakan di Taman Kalaki pada Sabtu (12/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019). Tema yang diusung adalah, Tanamkan Kebersamaan, Pupuk Persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan sesama Himaptika.
"Aktivitas yang dihadiri oleh 40 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan di antara mahasiswa, membentuk karakter mahasiswa, membina keakraban antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lainnya maupun dosen pendidikan matematika di STKIP Taman Siswa Bima. Berbagai macam susunan acara dilalui tanpa halangan. Mulai dari acara pembukaan, yang diawali oleh pembacaan kalam ilahi, laporan Ketua Panitia, sambutan Ketua Himpunan Mahasiwa Program Studi (HMPS) Matematika, sampai pada Pengantar oleh Ketua Prodi pendidikan Matematika yang sekaligus membuka acara Bina Akrab dengan resmi," tutur Ketua Himaptika STKIP Tamsis Bima pada media ini via aplikasi Whatsapp, Senin (14/10/2019).
Berbeda dengan Bina Akrab di tahun-tahun sebelumnya, kali ini dirangkaikan dengan kegiatan Bakti sosial (Baksos) untuk membersihkan sampah yang menumpuk di pinggir Pantai Kalaki. Selain menjadi klimaks dari agenda tahunan dan bertujuan untuk mengajak, dan membangun kesadaran masyarakat dan warga di sekitar Pantai Kalaki untuk lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan. "Baksos ini menjadi bukti implementasi dari unsur kedua segi lima yang tercantum dalam logo Himaptika, yaitu cinta lingkungan. Jangan hilangkan persaudaraan karena satu kesalahan, tetapi hilangkanlah kesalahan dengan menemukan solusi bersama, dan pererat persaudaraan," ucap Firdaus.
Harapannya, lanjut Firdaus, dari kegiatan itu berdasarkan tema yang diusung yaitu, dengan kebersaman dan persatuan sesama Himaptika akan melahirkan rasa persaudaraan yang tak bisa dipisahkan. "Sebab, dengan kebersamaan, persatuan, dan persaudaraan akan mengalahkan segalanya," tandanya.
Acara lanjutan adalah penyampaian materi untuk anggota baru Himaptika, sebagai pengetahuan dasar dalam berorganisasi. Selain itu, kegiatan lain adalah permainan dan hiburan. "Tujuan dari kegiatan itu untuk melekatkan dan mempererat hubungan kekeluargaan dalam Himaptika. Sedangkan malamnya, dilanjutkan dengan tilawah bersama yang dilakukan oleh Himaptika, penyampain materi, sampai pada salah satu puncak acara, yaitu pembakaran api unggun," tutur Firdaus.
Sedangkan Kaprodi Himaptika STKIP Tamsis Bima, Muslim, M.Pd., pada kegiatan yang sama menyampaikan pentingnya mempelajari dan memahami fungsi dan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya bahwa belajar matematika akan membentuk pola pikir yang sistematis dan rasional. Karena dalam menyelesaikan soal-soal matematika membutuhkan langkah-langkah penyelesaian yang beruntun, kesabaran, sehingga dengan kebiasan tersebut maka secara otomatis pola pikir kita akan terbentuk. "Visi Prodi Pendidikan Matematika yakni bagaimana sih agar menjadi mahasiswa dan sarjana yg unggul, berdaya saing, Beradab dan berjiwa enterpreneurship," katanya. (TSB04)

[ Kembali ]
HMPS & UKM Partner & Support
Sekretariat Kampus I :
Jl. Pendidikan Taman Siswa No. 1 Kab. Bima - NTB
Gedung C Lt.1 Telp/Fax : 0374 - 42891
Sekretariat Kampus II :
Jl. Datuk Dibanta No. Kota Bima - NTB
Gedung A Lt.1
ICT-TSB : Kampus I Gedung A Lt.2
CP : 085 239 649 707
Copyright @ 2014 - Power by ICT-TSB